Dishub Tabanan Targetkan Rp 7,2 M dari Pendapatan Parkir, Gunakan Handheld untuk Atasi Kebocoran

Pendapatan sektor parkir Pemkab Tabanan akan ditingkatkan dan ditarget Rp 7,2 miliar di tahun 2020.

Dishub Tabanan Targetkan Rp 7,2 M dari Pendapatan Parkir, Gunakan Handheld untuk Atasi Kebocoran
Tribun Bali/Made Prasetia Aryawan
Alat parkir untuk menarik parkir atau disebut handheld. Pendapatan sektor parkir Pemkab Tabanan akan ditingkatkan dan ditarget Rp 7,2 miliar di tahun 2020. 

TRIBUN-BALI.COM, TABANAN - Pendapatan sektor parkir Pemkab Tabanan akan ditingkatkan dan ditarget Rp 7,2 miliar di tahun 2020.

Hal ini menyusul tuntutan dari DPRD Tabanan untuk menggenjot PAD (Pendapatan Asli Daerah) Tabanan menjadi Rp 350 miliar.

Dinas Perhubungan yang menjadi leading sector pun harus bekerja keras untuk menyentuh target tersebut. Sebab, ada kenaikan target sekitar Rp 1,7 miliar dari tahun ini yang sebesar Rp 5,5 miliar.

Menurut informasi yang diperoleh, sebelumnya Dinas Perhubungan memang sudah melakukan monitoring ke sejumlah titik parkir yang ada di wilayah Kota Tabanan atau luar kota.

Hasilnya, ditemukan masih banyak potensi yang belum tergarap maksimal. Melihat hal tersebut, Dishub mengadakan beberapa handheld untuk menarik tarif parkir.

“Kami sudah kunjungi ke sejumlah kantong parkir yang ada di luar Kota Tabanan. Memang masih banyak potensi yang belum tergarap maksimal, sehingga ini akan kami maksimalkan lagi untuk menambah pendapatan,” kata Kepala Dinas Perhubungan Tabanan, I Gusti Putu Ngurah Darma Putra, Selasa (26/11/2019).

Dia menjelaskan, sejumlah langkah akan dilakukan untuk memenuhi target di 2020.

Di antaranya dimulai dengan pembinaan juru parkir (Jukir), kemudian sosialisasi lebih gencar ke masyarakat sebagai wajib parkir, juga membekali sejumlah petugas dengan alat parkir khusus untuk menarik parkir bernama handheld.

Untuk pembinan Jukir akan dilakukan secara serentak.

Sosialisasi kepada wajib parkir juga sangat penting dilakukan, sebab saat ini kesadaran masyarakat untuk membayar retribusi masih rendah.

Halaman
12
Penulis: I Made Prasetia Aryawan
Editor: Widyartha Suryawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved