Pemprov Bali Bentuk Koperasi Arak di Karangasem, Petani Diminta Serius Kembangkan Usahanya

Sebagai upaya untuk mendorong perkembangan minuman tradisional Bali, khususnya arak Pemprov Bali tengah berupaya dengan pembentukan koperasi.

Pemprov Bali Bentuk Koperasi Arak di Karangasem, Petani Diminta Serius Kembangkan Usahanya
Tribun Bali/Wema Satyadinata
Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Provinsi Bali, I Gede Indra. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Sebagai upaya untuk mendorong perkembangan minuman tradisional Bali, khususnya arak, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali tengah berupaya dengan pembentukan koperasi.

Pembentukan koperasi ini bertujuan membantu masyarakat yang mempunyai industri minuman tradisional arak Bali tersebut.

Koperasi ini akan dibentuk di beberapa daerah di Bali yang memiliki potensi besar dalam pengembangan industri minuman tradisional arak.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Provinsi Bali I Gede Indra Dewa Putra mengatakan, pihaknya telah membentuk satu koperasi arak di Kabupaten Karangasem, tepatnya di Desa Tribuana, Kecamatan Abang.

Selain satu koperasi yang sudah terbentuk tersebut, saat ini pihaknya masih berproses untuk membentuk satu lagi yang rencananya dibangun di daerah Kecamatan Kubu.

"Satu lagi masih dalam proses, proses dalam bentuk badan hukum, pajak dan lain sebagainya," kata Gede Indra saat dihubungi Tribun Bali, Rabu (27/11/2019).

Dengan dibentuknya koperasi arak ini, Gede Indra berharap masyarakat nantinya bisa semakin serius untuk menjalankan usaha minuman tradisional tersebut, terlebih sudah dinaungi oleh lembaga yang berbadan hukum.

Dirinya pun meminta agar masyarakat juga lebih serius mengurus usahanya, mulai dari administrasi pembukuan, membuka jaringan pasar dan kapasitas produksi.

"Kapasitas produksi kan juga harus memadai, karena kan kita link-kan dengan Perusahaan Daerah (Perusda)," jelasnya.

Selain itu, dengan adanya koperasi ini nantinya pemasarannya juga akan didorong ke ruang lingkup pariwisata, seperti hotel dan restoran yang ada di Bali.

Halaman
12
Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Meika Pestaria Tumanggor
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved