Rai Geber Ekspor Produk SPA ke Amerika

Owner Gaya Warna, menargetkan bisa menambah negara untuk ekspor produk SPA lokalnya

Rai Geber Ekspor Produk SPA ke Amerika
Tribun Bali/AA Seri Kusniarti
Rai Geber Ekspor Produk SPA ke Amerika 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Rai Sariani, Owner Gaya Warna, menargetkan bisa menambah negara untuk ekspor produk SPA lokalnya. "Target saya ke depan, bisa deal ke USA untuk ekspor. Sebab ke sana itu berat sekali, banyak yang harus dipenuhi dan berat," katanya kepada Tribun Bali, Rabu (27/11).

Bahkan ia akan mencari sertifikasi ISO, agar produknya diakui secara internasional. Rai, sapaan akrabnya, telah menjual produk aromaterapi natural SPA dan essentials oil lokal sejak 15 tahun lalu. "Saya asli Kerobokan, awalnya rajin ikut UMKM di Badung dan provinsi. Kemudian saya sudah izin kosmetika BPOM, jadi semua ikuti aturan," katanya. 

Bahan produknya lokal, seperti lulur dari tepung beras, kunyit, kan bahan lain yang gampang didapatkan. "Kemudian saya  mengajak tenaga kerja dari tenaga terdekat, seperti ibu PKK dan lain sebagainya," katanya. Produk utamanya adalah massage oil, kemudian lulur. Sisanya mengikuti zaman, seperti produk lidah budaya, garam mandi, hingga sabun arang. 

Body mist, semprotan sepatu, vitamin bulu mata, dan lain sebagainya. "Pembelian ada lewat website, temen-temen, pameran, dan rajin ke hotel," sebutnya. Produk paling laris itu adalah massage oil. Bahkan hotel membeli produk massage oil hingga literan. Harganya mulai dari Rp 25 ribu hingga ratusan ribu. "Pemasaran saat ini, sudah ekspor ke Rusia dan luar negeri," katanya. Ia sangat gencar mengurus izin karena pernah kena sidak, sehingga kini ia lebih tenang dalam berbisnis. Omzet saat ini mulai Rp 200 juta sampai Rp 300 juta per bulan.(ask)

Penulis: AA Seri Kusniarti
Editor: Aloisius H Manggol
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved