Sri Mulyani Blak-blakan Cerita Pejabat Kerap Datang Kepadanya 'Minta Duit Melulu'

Apalagi setiap orang kata dia, selalu mengatakan semuanya penting untuk dibenahi secepat mungkin.

Sri Mulyani Blak-blakan Cerita Pejabat Kerap Datang Kepadanya 'Minta Duit Melulu'
SURYA/SURYA/HAYU YUDHA PRABOWO
KULIAH TAMU - Sri Mulyani, Menteri Keuangan RI menyapa mahasiswa usai memberi materi dalam Kuliah Tamu Tax Amnesty dan Strategi Penguatan Ekonomi Indonesia di Dome Universitas Muhammadiyah Malang, Rabu (28/10/2016). SURYA/HAYU YUDHA PRABOWO 

TRIBUN-BALI.COM, DEPOK -  Menteri Keuangan Sri Mulyani berbicara blak-blakan saat memberikan kuliah umum kepada mahasiswa Universitas Indonesia (UI), Depok, Rabu (27/11/2019).

Termasuk membongkar kebiasaan pejabat atau orang-orang yang kerap datang kepadanya sambil membawa embel-embel program penting untuk meminta anggaran.

Karena sudah terbiasa, perempuan yang kerap disapa Ani itu pun berseloroh meminta orang-orang yang datang kepadanya tak lagi membawa embel-embel tersebut.

"Ada orang kalau ketemu saya (minta) duit mulu. Jadi kalau ketemu saya jangan bilang 'Bu penting, Bu,'. Saya sudah biasa saja dengan kata penting," ujar Sri Mulyani.

Menurut mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu, pekerjaan pemerintah sudah terlalu banyak dan memakan waktu untuk mengerjakan semuanya sendiri.

Apalagi setiap orang kata dia, selalu mengatakan semuanya penting untuk dibenahi secepat mungkin.

"Ada yang minta jalan macet diselesaikan, ada yang ingin internet itu ada, ada yang ingin akses air bersih harusnya ada di semua pelosok, ada yg minta supaya pesawat tempur kita bagus. Jadi everybody say penting," ucap wanita yang kerap disapa Ani ini.

"Sosial penting, jurnal, kesehatan, pendidikan apalagi sekarang ada Mas Nadiem penting banget, Menteri PUPR penting, Menteri Pak Prabowo penting banget. Semuanya penting," imbuh Ani.

Sri Mulyani pun menyoroti pihak swasta yang ia sebut tak mau membangun proyek dasar (basic) yang sangat dibutuhkan masyarakat Indonesia.

Alhasil, pemerintah lah yang turun tangan membangun.

"Sanitasi, air bersih, saluran air, itu basic tapi important. Dan itu swasta enggak ada yang mau ngebangun, yang bangun pemerintah," kata Sri Mulyani.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sri Mulyani: Kalau Ketemu Saya Minta Duit Melulu, Jangan...", 

Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved