TPS 3R di Terminal Mengwi Belum Siap, DLHK Badung Kelimpungan Urus Sampah

Rencana Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Badung dalam menangani sampah ternyata tak berjalan mulus.

TPS 3R di Terminal Mengwi Belum Siap, DLHK Badung Kelimpungan Urus Sampah
TRIBUN BALI
PENATAAN - Suasana penataan lahan menggunakan alat berat di sebelah barat Terminal Mengwi, Badung, yang rencananya akan digunakan sebagai TPS 3R, Kamis (28/11/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Rencana Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Badung dalam menangani sampah ternyata tak berjalan mulus. Wacana yang disampaikan sebelumnya akan memanfaatkan Tempat Pengolahan Sampah (TPS) dengan konsep 3R (reduce reuse recycle) di samping Terminal Mengwi nyatanya belum siap.

Awalnya tempat itu untuk  sementara waktu menampung sampah dari Badung. Tempat tersebut sedianya akan disulap jadi TPS sementara setelah Pemkab Badung tak lagi boleh membuang sampah ke TPA Suwung, Denpasar, terhitung mulai Jumat (29/11/2019).

Kondisi tersebut membuat DLHK Kabupaten Badung kewalahan menangani masalah sampah. Lagi-lagi, sambil menunggu, sementara waktu sampah yang dihasilkan akan ditampung lagi di kawasan Kelurahan Tuban, Kecamatan Kuta, Badung, Bali.

Kepala Dinas LHK Kabupaten Badung, I Putu Eka Merthawan, saat dikonfirmasi membenarkan TPS 3R dengan luas kurang lebih 3 hektare di samping Terminal Mengwi belum siap.

“Iya, informasi dari Dinas PUPR untuk tanggal 30 November 2019 belum siap digunakan. Siapnya tanggal 20 Desember 2019,” ungkapnya.

Selain dari segi tempat yang sekarang sedang dipersiapkan, ketidaksiapan TPS 3R juga lantaran peralatan dari pihak ketiga belum tiba.

“Kemungkinan peralatannya baru tiba minggu depan. Jadi, otomatis kami belum bisa mengolah sampah di sana,” kata Merthawan, mantan Kabag Humas Setda Badung itu.

Saat disinggung ke mana sampah akan ditampung sementara ini, Merthawan mengungkapkan akan menampung sementara di kawasan Kelurahan Tuban, Kecamatan Kuta Selatan. “Kita akan lakukan penampungan di tempat yang di Tuban, " katanya.

Terkait pembuangan sampah di Tuban, Eka Marthawan mengaku konsepnya sanitari landfill dengan pengawasan full agar tidak menimbulkan bau dan mengiundang lalat.

Merthawan menegaskan pengolahan sampah di desa/kelurahan konsepnya 3R. Sedangkan untuk residu atau sisa sampah yang tidak bisa diolah akan dibawa ke TPA yang menurut rencana bakal dibangun di kawasan Desa Canggu, Kecamatan Kuta Utara.

Pemantauan Tribun Bali di lokasi, beberapa pohon yang ada di lahan yang akan digunakan TPS 3R sudah dipotong dan satu alat berat sudah mulai bekerja untuk membersihkan dan menata lahan. Tampak di sebelah utara mulai dibangun dinding pembatas antara terminal dengan TPS 3R. Hanya saja pintu masuknya masih menjadi satu dengan Terminal.

"Iya sekarang masih dilakukan penataan dan juga membuat tembok pembatas terminal dan TPS 3R," pungkas Eka Merthawan.

Di sisi lain, kepala Dinas PUPR Badung, IB Surya Suamba belum bisa dihubungi terkait keterlambatan pembangunan TPS 3R tersebut.  (gus)

Penulis: I Komang Agus Aryanta
Editor: Ni Ketut Sudiani
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved