Badung Darurat Sampah, Lahan Calon TPA di Canggu Ternyata Masuk Jalur Hijau, Ini Dalih DLHK

TPA yang rencananya dibangun di kawasan Desa Canggu, Kecamatan Kuta Utara itu terkendala status lahan yang ternyata berstatus jalur hijau.

Badung Darurat Sampah, Lahan Calon TPA di Canggu Ternyata Masuk Jalur Hijau, Ini Dalih DLHK
Tribun Bali/Nyoman Mahayasa
Seorang warga melewati tumpukan sampah yang dititipkan di lahan kosong di belakang Ruko Tuban Plaza, Kuta, Badung, Rabu (6/11/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Rencana Pemkab Badung membangun Badung Recyle Park (BRP) sebagai TPA Badung tak berjalan mulus.

TPA yang rencananya dibangun di kawasan Desa Canggu, Kecamatan Kuta Utara itu terkendala status lahan yang ternyata berstatus jalur hijau.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) Badung, I Putu Eka Merthawan mengatakan, meski masih kategori jalur hijau, pihaknya menjamin tidak akan melabrak aturan dan akan berupaya mencari solusi terbaik.

“Lahan itu sekarang kondisinya dimanfaatkan sebagai pertanian, seperti ada tanaman bunga, makanya saya sebut itu jalur hijau. Namun pas kebetulan lokasi itu merupakan kawasan pendukung areal publik walaupun jalur hijau ada pendukung layanan umunnya,” ungkap Eka Merthawan, Senin (2/12/2019).

Lahan tersebut seluas 2,8 hektare berbentuk memanjang dengan status SHP (Sertifikat Hak Pakai) milik Provinsi Bali.

Karena itu, pihaknya telah berkoordinasi dengan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Bali melalui BPKAD Badung.

“Kami telah melakukan proses melalui BPKAD Badung kepada BPKAD Bali. Sebenarnya tanah itu masih ada yang mengontrak, namun khusus kepada yang mengontrak sudah kami lakukan pendekatan jadi tidak jadi masalah,” kata dia.

Terkait status tanah, birokrat asal Sempidi Mengwi ini mengatakan, pihaknya melalui PUPR akan melakukan sinkronisasi terkait Induk Tata Ruang (ITR) Kuta Utara dan Mengwi yang kini tengah berproses di pusat.

“Kami dengan PUPR akan menyinkronkan dengan pusat dan dengan dukungan dewan juga, karena ITR Kuta Utara dan Mengwi sedang proses dipusat Jakarta, mohon maaf kami sebagai pejabat Amdal jika itu belum ada, kami tidak berani proses,” ungkapnya

Hanya saja ia mengaku memiliki konsep ketika proses penetapan lahan telah selesai.

Halaman
123
Penulis: I Komang Agus Aryanta
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved