Manfaatkan Smartphone untuk Berbisnis, Dekranasda Klungkung Gelar Workshop e-Smart IKM Go Digital

Pelatihan ini menyasar anak-anak muda untuk lebih mandiri menjadi agen perubahan memarketing usahanya dengan smartphone, merubah mindset bisnisnya

Manfaatkan Smartphone untuk Berbisnis, Dekranasda Klungkung Gelar Workshop e-Smart IKM Go Digital
Dok. Humas Pemkab Klungkung
Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Klungkung menggelar pelatihan (workshop) e-Smart Industri Kecil Menengah (IKM) go digital, bagi pengerajin dan siswa SMK di Klungkung, Rabu (4/12/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Klungkung menggelar pelatihan (workshop) e-Smart Industri Kecil Menengah (IKM) go digital, bagi pengerajin dan siswa SMK di Klungkung.

Pelatihan ini digelar untuk mengembangkan entrepreneur dan calon wirausaha muda di Kabupaten Klungkung menuju pebisnis yang go digital.

Workshop tersebut dibuka langsung Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, didampingi Ketua Dekranasda Kabupaten Klungkung Ny. Ayu Suwirta, Wakil Ketua Harian Dekranasda Ny. Mariati Winastra, Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Klungkung, I Gede Kusumajaya di Ruang Rapat Praja Mandala Kantor Bupati Klungkung, Rabu (4/12/2019).

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dalam sambutannya mengatakan pelatihan ini menyasar anak-anak muda untuk lebih mandiri menjadi agen perubahan memarketing usahanya dengan smartphone, merubah mindset bisnisnya kearah yang lebih maju.

Samsat Tedun Ring Banjar, Bapenda Bali Kerja Sama dengan Prajuru Adat Tagih Penunggak Pajak

Pemprov Bali Sambut Positif Pengembangan Wisata Sehat, Wagub Cok Ace: Sangat Siap

Keistimewaan PNS Terbaik, Bisa Bekerja dari Rumah, Libur di Hari Jumat, Ini Info Lengkapnya

Bupati Suwirta berharap pemanfaatan gadget di era sekarang dapat dimaksimalkan tidak hanya untuk sekedar ngobrol atau berfoto tetapi juga bisa menghasilkan sesuatu yang positif dan bermanfaat.

"Manfaatkan smartphone anda dengan baik untuk berbisnis, jangan salah menggunakan smartphone," ujar Bupati Suwirta

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Klungkung, I Gede Kusumajaya dalam laporannya mengatakan e-smart digital merupakan jawaban terhadap tantangan dari pemerintah untuk secara bertahap mengalihkan model promosi manual ke era digital dengan memanfaatkan kemajuan teknologi serta memberikan informasi strategi pemasaran lewat smartphone bagi para pelaku UMKM dalam menghadapi tantangan terbesar di era digital.

"Ini wujud nyata peran Dekranasda dalam menggenjot pelaku industri kecil menengah agar aktif memanfaatkan dalam pengembangan usahanya dengan smarphone", ujar Gede Kusumajaya

Pihaknya juga menambahkan peserta workshop dari Industri Kecil Menengah (IKM) dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Klungkung sebanyak 50 orang dan 15 orang dari siswa SMK dengan narasumber dari Shopee Jakarta. (*)

Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Meika Pestaria Tumanggor
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved