Sponsored Content

Kebun Raya Jagatnatha, Mutiara Hijau di Jantung Kota Negara Diresmikan

Peresmian Kebun Raya Jagatnatha yang di juluki Mutiara Hijau Di Jantung Kota Negara, di lakukan oleh dengan penandatanganan prasasti dan potong pita

Kebun Raya Jagatnatha, Mutiara Hijau di Jantung Kota Negara Diresmikan
istimewa
Peresmian Kebun Raya Jagatnaha di Jantung Kota Negara 

TRIBUN-BALI.COM, NEGARA - Kebun Raya Jagatnatha yang terletak di Jantung Kota Negara Kamis Sore (5/12/2019) diresmikan.

Peresmian Kebun Raya Jagatnatha yang di juluki Mutiara Hijau Di Jantung Kota Negara, di lakukan oleh dengan penandatanganan prasasti dan pemotongan pita pada pintu utama.

Acara launching turut dihadiri Kepala pusat penelitian konservasi tumbuhan dan kebun raya LIPI Dr Hendrian, Ketua DPRD Jembrana I Made Sri Sutharmi, Kapolres Jembrana AKBP I Ketut Gede Adi Wibawa, Dandim Jembrana Letkol Djefri Marsono Hanok, Forkopimda Jembrana, masyarakat pelaku wisata, tim konservasi Kebun Raya Bogor.

Ketua Panitia Launching Kebun Raya Jagatnatha yang juga Wakil Bupati Jembrana, Made Kembang Hartawan, menceritakan sekelumit kisah awal pembangunan Kebun Raya Jagatnatha tersebut.

Ia menceritakan kehadiran Kebun Raya Jagatnatha diawali dari kondisi taman disekeliling Pura Jagatnatha yang kurang terawat.

Lebih-lebih lagi dikawasan bagian belakang pura banyak tanaman yang tumbuh liar.

Banyak keluhan dan usulan masyarakat disampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Jembrana untuk dapat melakukan sesuatu perbaikan kondisi di sekitar Pura Jagatnatha.

“Salah satu usulannya adalah agar Pemerintah Kabupaten Jembrana mengambil pengelolaan taman disekitar Pura agar bisa dirawat dan dipelihara lebih baik serta dijaga kebersihannya. Hal ini memunculkan berbagai pemikiran bagaimana taman ini dapat menjadi bermanfaat tidak saja untuk lingkungan Pura Jagatnatha, tapi juga untuk masyarakat dan kelestarian alam Jembrana” ucap Kembang.

Kembang menambahkan secara bertahap, Pemerintah Kabupaten Jembrana menjalin kerja sama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan (LIPI) melalui Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya serta Kementerian PUPR RI dan mendapat dukungan penuh baik dari Ketua Umum Yayasan Kebun Raya Indonesia, LIPI maupun Kementerian PUPR.

Tujuan dibangunnya Kebun Raya Jagatnatha adalah untuk penataan tanaman disekitar Pura Jagatnatha dan menjaga kesucian serta keagungan Pura Jagatnatha Jembrana dengan tidak mengabaikan fungsi Kebun Raya sebagai pusat konservasi, Pendidikan, Penelitian, Pariwisata dan Jasa Lingkungan seluas 5,8 Ha.

Halaman
123
Editor: Alfonsius Alfianus Nggubhu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved