Wawancara Ekslusif

Raih Medali Emas SEA Games Saat Ayah Berpulang, Edgar: Sedih, Papa Tak Bisa Nonton Saya Tanding

Kabar duka itu bermula ketika pada Selasa dini hari Edgar dibangunkan pelatih dan manajernya.

Instagram @edgarmarvelo
Atlet wushu, Edgar Xavier Marvelo peraih medali emas di ajang SEA Games, Manila. 

TRIBUN-BALI.COM - SEORANG atlet wushu, Edgar Xavier Marvelo, secara khusus disebut oleh Ketua Umum Partai Golkar yang juga Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto, di depan Presiden Joko Widodo.

Saat itu, Selasa (3/12/2019), Airlangga sedang berpidato dalam acara pembukaan Musyawarah Nasional (Munas) X Partai Golkar di Hotel Ritz-Carlton, Jakarta, Airlangga menyebut ada atlet wushu yang meraih dua medali emas di ajang SEA Games, Manila, ketika sang ayah meninggal dunia di Jakarta.

"Medali emas tersebut disumbangkan oleh anak muda milenial, bernama Edgar Marvelo, umur 21 tahun. Satu emas dari perorangan dan, kedua, beregu (diraih), dalam suasana berduka. Karena tadi malam (Senin malam) ayahnya meninggal dunia," ujar Airlangga yang juga Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia.

Edgar baru bisa melihat jenazah ayahnya pada Rabu, setelah terbang dari Manila. Kabar duka itu bermula ketika pada Selasa dini hari Edgar dibangunkan pelatih dan manajernya.

Mereka menyerahkan sebuah telepon genggam kepada Edgar. Perasaannya mulai tak enak.

"Saya angkat telepon, ternyata dari koko (kakak). Koko bilang papa dibawa ke rumah sakit karena serangan jantung," kata Edgar saat ditemui di Rumah Duka Grand Heaven, Pluit, Jakarta Utara, Rabu (4/12/2019).

Lewat ponsel itu Edgar mendapat kabar sang ayah, Lo Tjihian Meng, sudah tak sadarkan diri.

Tak lama kemudian, lewat telepon genggam yang menghubungkan Manilla dan Jakarta, Edgar mendengar embusan napas terakhir sang ayah.

"Papa sudah berjuang maksimal, kini saatnya saya yang berjuang. Saya kuatkan fisik dan mental untuk membuktikan pada papa. Beliau pernah berpesan, apapun yang terjadi jangan pernah berhenti dari wushu," kenang Edgar.

Ternyata ia dapat membuktikan tekadnya, meraih medali emas dengan total poin 19,36 di nomor individu dan beregu.

Halaman
1234
Editor: Widyartha Suryawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved