Gede Siman Jalani Training di Amerika Sebelum Berlaga di Sea Games Manila

I Gede Siman Sudartawa kembali menyembahkan medali emas di ajang Sea Games 2019 di Manila, Filipina.

Gede Siman Jalani Training di Amerika Sebelum Berlaga di Sea Games Manila
TRIBUN BALI/EKA MITA SUPUTRA
Ni Made Sri Karmini ketika menunjukkan berbagai medali yang diraih Siman Sudartawa. 

TRIBUN-BALI.COM, KLUNGKUNG - I Gede Siman Sudartawa kembali menyembahkan medali emas di ajang Sea Games 2019 di Manila, Filipina. Prestasi inipun menjadi kebanggan tersendiri bagi Ni Made Sri Karmini, ibu kandung dari Siman Sudartawa.

Siman Sudartawan berhasil mempersembahkan emas ke-51 bagi Indonesia dari cabor renang nomor 50 meter gaya punggung putra.

Siman tampil tercepat dengan waktu 25,12 detik, di New Clark City Aquatic Arena, FIlipina, Sabtu (7/12/2019). Siman juga memperbaiki rekor SEA Games yang ia ciptakan pada 2017 yaitu 25,20 detik.

"Ini merupakan partisipasi Siman ke lima kalinya di ajang SEA Games sejak tahun 2011 lalu di Palembang," ujar Ni Made Sri Karmnini, Minggu (8/12/2019).

Hampir di semua ajang, pemuda asal Desa Tegak Klungkung tersebut mampu meraih emas untuk Indonesia dari cabor renang. Hanya pada tahun 2015 di Sea Games Singapura, Siman gagal meraih emas dan hanya meraih perak.

"Sebelum kembali turun di Sea Games 2019 di Manila, Filipina, Siman mendapatkan kesempatan pemusatan latihan di Amerika sejak September lalu," ungkap Sri Karmini.

Selama tiga bulan, Siman mendapatkan kesempatan menjalani training di Virginia Tech University, USA. Selain pemusatan latihan, juga menjalani beberapa kali perlombaan di negeri Paman Sam.

"Sebelum berangkat ke Manila, Filipina untuk mengikuti Sea Games, Siman berlatih setiap hari," ungkap Sri Karmini.

Disiplin merupakan kunci sukses Siman untuk mempertahankan prestasinya. Menurut sang ibu, Siman selalu memiliki semangat untuk berlatih. Ia juga selalu patuh dengan instruksi pelatih.

"Siman itu juga selalu rendah hati. Saya sebagai orangtua selalu mendukung dan berpesan agar tidak lupa selalu berdoa dan apa pun hasilnya tetap disyukuri," ungkapnya.

Halaman
123
Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Ni Ketut Sudiani
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved