Breaking News:

Entaskan Kemiskinan Tahun 2020, Bupati Suwirta Akan Lakukan Empat Pendekatan

Berbagai program pengentasan kemiskinan dicetuskan Pemkab Klungkung. Namun ternyata persentase kedalaman kemiskinan di Klungkung justru bertambah.

Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Pemkab Klungkung menggelar rapat koordinasi Tim Penanggulangan Kemiskinan di ruang rapat Kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, Klungkung, Bali, Kamis (12/12/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, KLUNGKUNG - Berbagai program pengentasan kemiskinan telah dicetuskan Pemkab Klungkung. Namun ternyata persentase kedalaman kemiskinan di Klungkung justru bertambah.

Pada tahun 2017 ada di angka 0,33 persen dan ternyata meningkat tajam pada 2018 yaitu 0,79 persen.

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta mengatakan ke depan untuk pengentasan kemiskinan, diperlukan kebijakan yang lebih berpihak kepada masyarakat kecil.

Empat pendekatan digunakan sebagai strategi dalam penanggulangan kemiskinan di antaranya meningkatkan pendapatan penduduk miskin melalui peningkatan produktivitas, mengurangi beban pengeluaran penduduk miskin melalui penyediaan dan pemenuhan kebutuhan dasar, mengembangkan dan menjamin keberlanjutan usaha mikro dan kecil, serta mensinergikan kebijakan dan program penanggulangan kemiskinan.

Kepada Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah, Bupati Suwirta berharap agar mereka berperan aktif melaksanakan program kegiatan sesuai bidang tugas masing-masing.

Selain itu diharapkan pula mengkoordinasikan tersusunnya strategi penanggulangan kemiskinan daerah sebagai dasar penyusunan RPJMD di bidang penanggulangan kemiskinan.

"Rapat ini lebih pada meningkatkan keberpihakan program Pemkab Klungkung dalam penanggulangan kemiskinan," ungkap Suwirta.

Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) dibentuk melalui Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 42 tahun 2010 dan untuk di Kabupaten Klungkung terbentuk melalui Keputusan Bupati Klungkung nomor 121/24/HK/2017.

Perubahan kedua atas kepengurusan Bupati Klungkung Nomor 197 tahun 2010 tentang Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan.

Tim TKPKD beranggotakan perwakilan sejumlah pejabat dari BAPPERLITBANG dan PMDP2KB. (mit)

Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Ni Ketut Sudiani
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved