Breaking News:

Ida Pedanda Nyoman Temuku di Mata Keluarga, Sulit Mengungkapkan Perasaan & Tidak Mau Mengecewakan

Semasa hidup, Ida Pedanda Nyoman Temuku dikenal sulit mengungkapkan perasaan, lebih memilih diam agar tidak mengecewakan orang lain

Dok
Ida Pedanda Nyoman Temuku - Ida Pedanda Nyoman Temuku di Mata Keluarga, Sulit Mengungkapkan Perasaan & Tidak Mau Mengecewakan 

Ida Pedanda Nyoman Temuku di Mata Keluarga, Sulit Mengungkapkan Perasaan & Tidak Mau Mengecewakan

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR - Semasa hidupnya, Ida Pedanda menjabarkan wariga belog sebagai perhitungan ilmu perbintangan yang menggunakan matahari sebagai penanda jarak bintang dan bulan.

Ketiganya berpengaruh pada kehidupan manusia.

Pedanda para pejabat.

Begitulah julukan yang disematkan kepada mendiang Ida Pedanda Nyoman Temuku, Griya Cebaang Giri Kesuma, Desa Melinggih, Payangan, Gianyar, Bali.

Julukan itu diberikan kepada beliau karena selama ini banyak tokoh besar meminta petunjuknya setiap kali akan mengambil suatu keputusan.

Ida Pedanda Nyoman Temuku biasa memberikan petunjuk sesuai keahliannya di bidang wariga atau perhitungan hari menurut astronomi Bali.

Wariga merupakan ilmu astronomi kuno dan hanya beliau yang mempelajari secara detail.

Metode yang diperkenalkan Ida Pedanda Nyoman Temuku disebut wariga belog.

Dalam hal ini, belog tidak diterjemahkan sebagai ‘bodoh’, melainkan akronim dari behaviour (tingkah laku), environment (alam atau lingkungan) dan logos (harmonisasi perilaku).

Halaman
1234
Penulis: I Wayan Eri Gunarta
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved