Sponsored Content

Pemkot Denpasar Gelar Lomba OPD Terinovatif, Dorong Terciptanya Inovasi

Pemkot Denpasar Gelar Lomba OPD Terinovatif, Dorong Terciptanya Inovasi, Dukung Pelayanan Maksimal Bagi Masyarakat

Pemkot Denpasar Gelar Lomba OPD Terinovatif, Dorong Terciptanya Inovasi
Humas Pemkot Denpasar
Foto istimewa : Pelaksanaan penilaian presentasi pimpinan OPD serangkaian lomba OPD Terinovatif Kota Denpasar Tahun 2019 di Ruang Praja Madya Kantor Walikota Denpasar,Bali, Kamis (19/12/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar melalui Badan Penelitian dan Pengembangan menggelar Lomba OPD Terinovatif.

Kegiatan yang dilaksanakan guna mendorong terciptanya inovasi guna mendukung terciptanya pelayanan maksimal bagi masyarakat ini dibuka  Sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara mewakili Wali Kota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra di Ruang Praja Utama, Kantor Walikota Denpasar, Bali, Kamis (19/12/2019).

Hadir dalam kesempatan tersebut pimpinan OPD di lingkungan Pemkot Denpasar, Dewan Juri yang berasal dari Kelompok Ahli Pemkot Denpasar, akademisi serta praktisi yang kompeten di bidangnya.

Sebanyak enam OPD mempresentasikan langsung inovasinya dihadapan dewan juri dan pimpinan OPD lainnya.

Adapun keenam OPD tersebut yakni Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu yang membawakan inovasi Tandataangan Elektronik, Sistem Informasi Mobil Layanan Elektronik Keliling yang Cepat, Transparan dan Pasti Kelar (Si Molek Cantik), Sistem Informasi Perijinan Online (Sipon), One Day Service, dan Pelayanan SMS Gateway. Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Denpasar yang membawakan inovasi Pro Denpasar Plus dan E-Sewaka.

Dinas Kesehatan yang membawakan inovasi Damakesmas, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana yang  membawakan inovasi Akses Ekonomi Untuk Perempuan Denpasar Maju dan Mandiri (Aksi PD Mama), Pelayanan Pengaduan Kekerasan Perempuan dan Anak (Nayaka Prana), Pawang (Pemanfaatan Waktu Luang), dan Generasi Berencana Inspirasi Masyarakat Berkualitas (Gerimis).

Dinas  Lingkungan Hidup dan Kebersihan  Kota Denpasar yang membawakan inovasi Pengangkutan Sampah Besar Gratis (Pesan Gadis) dan Gerakan Wisata Tanpa Kantong Plastik (Gerakan Watak) dan  Dinas Kependudukann dan Pencatatan Sipil Kota Denpasar yang membawakan inovasi  Barcode Lacak Dokumen (Balado) dan Sistem Antrean Online (Si Anline).

Sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara mewakili Wali Kota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra mengatakan bahwa memasuki revolusi industri 4.0 seluruh stakeholder diharapkan aktif dalam menciptakan solusi atas permasalahan yang ada.

Tak terkecuali Instansi Pemerintahan, tuntutan akan pelayanan yang maksimal oleh masyarakat menjadi tantangan tersendiri bagi OPD.

Guna memaksimalkan hal tersebut, OPD dituntut untuk terus berinovasi dan keluar dari rutinitas atau out of the box, sehingga melalui inovasi dan aktualisasi diri pelayanan maksimal dapat diciptakan.

Halaman
12
Penulis: Putu Supartika
Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved