100 Personel Kodim 1611/Badung Ikuti Piodalan dan Hari Raya Tumpek Lendep

Kodim 1611/Badung menggelar Upacara Piodalan dirangkaikan dengan Hari Raya Tumpek Landep

100 Personel Kodim 1611/Badung Ikuti Piodalan dan Hari Raya Tumpek Lendep
Dok Penrem 163/Wira Satya 
Upacara - Kodim 1611/Badung menggelar Upacara Piodalan dirangkaikan dengan Hari Raya Tumpek Landep, di Pura Makodim 1611/Badung, Badung, Bali, Sabtu (21/12/2019). 100 Personel Kodim 1611/Badung Ikuti Piodalan dan Hari Raya Tumpek Lendep 

100 Personel Kodim 1611/Badung Ikuti Piodalan dan Hari Raya Tumpek Lendep

TRIBUN-BALI.COM, BADUNG - Kodim 1611/Badung menggelar Upacara Piodalan dirangkaikan dengan Hari Raya Tumpek Landep, yang merupakan Hari Raya Pemujaan kepada Ida Bhatara Sang Hyang Siwa Pasupati sebagai Dewanya Taksu, yaitu manifestasi dari Ida Sang Hyang Widhi Wasa, Sabtu (21/12/2019).

Piodalan yang berbarengan dengan Hari Raya Tumpek Landep tersebut dipuput oleh Ida Pedanda Geria Lebah Denpasar, berlangsung di Pura Makodim 1611/Badung dengan diikuti sekitar 100 Prajurit dan PNS Kodim 1611/Badung yang beragama Hindu beserta keluarganya.

Piodalan dan perayaan Hari Raya Tumpek Landep ini juga mendapat atensi dari Dandim 1611/Badung Kolonel Inf Puguh Binawanto, yang hadir langsung didampingi Kasdim Mayor Inf Ariyanto, serta Staf Perwira dan para jajaran Danramil.

UPDATE KLASEMEN- Persebaya Tempel Bali United, Posisi 2 Ditentukan Sampai Partai Penghabisan

Hotman Paris Bangun Bisnis Baru di Bali, Diberi Nama Bar The Hotman Paris

Sementara itu, Ketua Panitia Piodalan Kapten Inf I Gusti Ngurah Putra seizin Dandim 1611/Badung menjelaskan tujuan dilaksanakannya Upacara Piodalan dan Perayaan Hari Raya Tumpek Landep adalah hari suci yang diperingati atau diistimewakan berdasarkan keyakinan bahwa hari itu mempunyai makna dan fungsi yang penting bagi kehidupan seorang atau masyarakat, baik karena pengaruhnya, maupun karena nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

"Tumpek Landep adalah ungkapan rasa terima kasih umat Hindu, khususnya di Bali terhadap Sang Hyang Widi Wasa yang turun ke dunia dan memberikan ketajaman pemikiran kepada manusia," ungkap Kapten Ngurah yang juga merupakan Perwira Seksi Personel Kodim 1611/Badung.

Lanjutnya, Hari Raya Tumpek Landep adalah hari yang dikhususkan untuk memohon keselamatan kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang dalam wujudnya sebagai Dewa Senjata (Pasupati).

Kisah Nestapa Bocah Perempuan di Tanjung Pinang Tewas Disengat Tawon, Begini Ungkap Saksi

Mariah Carey Hadiahi Penggemar Kado Natal Video Baru All I Want for Christmas Is You

Tumpek Landep diperingati saat Saniscara Kliwon Wuku Landep setiap 6 bulan sekali.

Menurutnya, pelaksanaan upacara Hari Raya Tumpek Landep dilaksanakan di Bali karena mengandung hakekat dan makna yang tinggi dan sangat berhubungan dengan kehidupan manusia di dunia terutama mengenai intelegensi manusia, karena manusia itu sendiri adalah termasuk makhluk religius yang selalu berhubungan dengan kekuatan supranatural. 

Berdasarkan pantauan, pelaksanaan piodalan tersebut berlangsung khidmat, ada tarian rejang, tari topeng dan Bondres.

Selanjutnya dalam rangka Hari Raya Tumpek Landep semua fasilitas seperti kendaraan dan persenjataan yang menjadi inventaris Kodim 1611/Badung diupacarai dengan sesajen banten, dengan harapan semua alat peralatan yang dimiliki satuan akan dapat mendukung pelaksanaan tugas Kodim 1611/Badung.

(*)

Penulis: Wema Satya Dinata
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved