Minta Tinggalkan Zona Nyaman, Bupati Mutasi 4 Kadis Sekaligus Lantik 43 Pejabat Pemkab Badung

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta secara mendadak melakukan pelantikan dan mengambil sumpah kepada 43 pejabat yang ada di lingkungan pemerintah Kabup

Minta Tinggalkan Zona Nyaman, Bupati Mutasi 4 Kadis Sekaligus Lantik 43 Pejabat Pemkab Badung
Tribun Bali/I Komang Agus Aryanta
Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta melantik dan mengambil sumpah 43 Pejabat dilingkungan Pemkab Badung, di Ruang Kriya Gosana, Puspem Badung, Senin (23/12/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, BADUNG- Dalam meningkatkan integritas dan komitmen, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta secara mendadak melakukan pelantikan dan mengambil sumpah kepada 43 pejabat yang ada di lingkungan pemerintah Kabupaten Badung.

Tidak hanya melakukan pelantikan, ada beberapa pejabat tinggi pertama pun dimutasi karena beranggapan berada di zona nyaman.

Pelantikan yang berlangsung, Senin (23/12/2019) sore di Ruang Kriya Gosana, Puspem Badung itu melantik 43 pejabat yang terdiri dari 11 orang Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (eselon II.b) dengan rincian 4 pejabat dimutasi dan 7 pejabat diangkat kembali atau dikukuhkan.

Begitu juga 5 orang Pejabat Administrator (eselon III.a), 9 orang Pejabat Administrator (eselon III.b), 9 orang Pejabat Pengawas (eselon IV.a), dan 9 orang Pejabat Fungsional pun kembali dikukuhkan.

Keempat eslon II.b yang mutasi di antaranya; pertama, I Gede Putra Suteja yang sebelumnya Kadis Kesehatan mendapat jabatan baru sebagai Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Badung, I Putu Gede Sridana sebelumnya sebagai Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, kini menjabat Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, I Wayan Weda Dharmaja sebelumnya menjabat Kadis Komunikasi dan Informatika, kini jabatan barunya menjadi Staf Ahli bidang Kemasyarakatan dan SDM. Terakhir I Putu Eka Merthawan sebelumnya menjabat Kadis Lingkungan Hidup dan Kebersihan, kini jabatan barunya menjadi Kadis Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Perlindungan Anak.

Fasilitas di Pura Penida Dirusak, Papan Pengumuman Kesepakatan 4 Desa Adat Diduga Dirobek

Tak Kontrol Emosi, Putu Heri Hajar Bripka Gede Gunendra hingga Luka Robek di Hidung


Sementara tujuh Pejabat Eselon IIb yang diangkat kembali di antaranya Kadisdikpora I Ketut Widia Astika, Kadis Perindustrian dan Tenaga Kerja IB. Oka Dirga, BKPSDM I Gede Wijaya, Kesbangpol I Nyoman Suendi, Inspektur Kabupaten Badung Luh Suryaniti, Kadis PUPR IB. Surya Suamba dan Asisten Pemerintahan dan Kesra IB. Yoga Segara.

Sebelum dilantik, para pejabat tersebut melakukan prosesi upacara mejaya-jaya yang dipuput Ida Pedanda Gede Mas Pratama Gria Tegeh Abiansemal.

Pelantikan disaksikan langsung oleh I Ketut Suiasa, Ketua DPRD Badung Putu Parwata, Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa, Ketua TP PKK Badung Ny. Seniasih Giri Prasta serta Pimpinan Perangkat Daerah.

Bupati Badung, Nyoman Giri Prasta mengatakan bahwa pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan terhadap pejabat struktural dan fungsional telah melalui proses pembahasan yang cukup panjang.

Semua itu, menurutnya juga berdasarkan atas kebutuhan organisasi.

Belum Terima Upah 500 Ribu untuk Tempel Sabu, Guykens Keburu Ditangkap

106 Hari Disandera, Han Jung Kuk: Tolong Saya Ibu Menteri Sri Mulyani

"Saya sudah melihat UU no 5 th 2014 tentang ASN. Jadi saya melakukan ini untuk menentukan evaluasi. Jadi saya melakukan trobosan dengan mengeluarkan dari sona nyaman," tegas giri prasta.

Bupati asal Pelaga itu juga memgaku telah memberikan kesempatan kepada pejabat administrator untuk mendaftarkan diri dalam proses seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama yang telah dibuka proses pendaftarannya pada tanggal 19 Desember 2019 hingga 3 Januari 2020.

Bahkan ia berharap kepada pejabat yang baru dilantik untuk segera bertugas dan tanggungjawab, tingkatkan koordinasi, sinergitas yang baik dan optimal untuk mewujudkan target secara menyeluruh.

"Saya minta untuk menjaga dan meningkatkan integritas, dedikasi, loyalitas dan komitmen terhadap Pemkab Badung dan NKRI. Mempunyai wawasan jauh kedepan dan mampu melakukan inovasi yang positif melalui pemikiran yang kreatif, inovatif dan sistematis untuk kemajuan organisasi," katanya.

Terhadap peluang menjabat eselon IIb, Bupati berpesan kepada PNS yang sudah memenuhi persyaratan agar bisa meniti karier, sehingga etos kerja lebih baik.

Hadir pada HUT ST Pagar Wahana, Giri Prasta: Sekaa Teruna Harus Mampu Menciptakan Lapangan Pekerjaan

"Jadi semakin tinggi jabatan semakin besar tanggung jawab yang dipikul. Jadi nantinya saya akan melakukan penilaian obyektif berdasarkan kinerja yang loyal dan royal terhadap RPJMD Semesta Berencana." akunya.

Lebih lanjut ia memgatakan, Pegang teguh RPJMD Badung yang dimaksud adalah Badung menjadi contoh pembangunan baik di bidang pangan, sandang dan papan, kesehatan dan pendidikan, jaminan sosial dan ketenaga kerjaan, seni, adat agama dan budaya serta pariwisata termasuk infrastrukturnya.

"Saya harapkan Eselon II sekarang sampai pegawai melakukan out of the box membuat terobosan, tapi tidak melanggar hukum. Ini cara kerja, kami butuh yang jujur, disiplin dalam gerakan dan tindakan," ujarnya lagi. (*)

Penulis: I Komang Agus Aryanta
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved