Kini Facebook Akui Bantu Donald Trump Menangi Pilpres Amerika Serikat

Bosworth menyebut bahwa dugaan keterlibatan Rusia kurang relevan atas terpilihnya Presiden Trump pada saat itu.

Kini Facebook Akui Bantu Donald Trump Menangi Pilpres Amerika Serikat
(AFP / NICHOLAS KAMM)
Presiden Amerika Serikat Donald Trump berpidato di acara kampanye akbar Pilpres 2020 di Greenville, Carolina Utara, Rabu malam (17/7/2019) 

TRIBUN-BALI.COM - Facebook diklaim sebagai pihak yang bertanggung jawab atas kemenangan pemilu presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump di tahun 2016.

Tuduhan itupun baru-baru ini dibenarkan oleh salah seorang eksekutif Facebook bernama Andrew Bosworth, yang mengatakan bahwa pihaknya memang terlibat dalam memenangkan Donald Trump di Pemilu Presiden AS pada saat itu.

Dalam sebuah pernyataan yang ditulis Andrew Bosworth di laman Facebook pribadinya, pria yang kerap disapa Boz itu mengungkapkan bahwa Facebook memang bertanggung jawab atas terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden AS pada 2016.

Bosworth menyebut bahwa dugaan keterlibatan Rusia kurang relevan atas terpilihnya Presiden Trump pada saat itu.

"Perlu diingatkan untuk semua orang bahwa interferensi Rusia itu nyata, tetapi kebanyakan tidak dilakukan melalui iklan. 100.000 dolar AS dalam iklan di Facebook bisa menjadi alat yang ampuh, tetapi tidak dapat membayar pemilihan Amerika," tulis Bosworth.

"Terutama ketika para kandidat sendiri memasang beberapa pesanan lebih banyak uang pada platform yang sama (belum lagi platform lain)," lanjutnya.

Bosworth juga menyebut bahwa keterlibatan Facebook tidak terletak pada penyalahgunaan data dalam kasus Cambridge Analytica.

"Secara praktis, Cambridge Analytica adalah event yang tidak pernah terjadi. Data dari jenis yang mereka miliki tidak begitu berharga... ...sehingga secara efektif tidak berguna dalam waktu 12-18 bulan", tambah Bosworth.

Kendati demikian, Bosworth sendiri mengklaim bahwa kemenangan Trump pada Pemilu Presiden AS tahun 2016 lalu karena Trump memanfaatkan iklan politik di laman Facebook.

"Jadi, apakah Facebook bertanggung jawab atas terpilihnya Donald Trump? saya pikir jawabannya adalah ya," tulis Bosworth.

Halaman
12
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved