12 Kilometer Garis Pantai di Klungkung Masih Rawan Abrasi, Tahun 2020 Fokus Tangani Nusa Penida

Garis pantai di Klungkung memiliki panjang 113 kilometer. Sementara garis pantai yang masih rawan abrasi sepanjang 12 kilometer

12 Kilometer Garis Pantai di Klungkung Masih Rawan Abrasi, Tahun 2020 Fokus Tangani Nusa Penida
Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Kondisi abrasi di pesisir Lepang, Desa Takmung, Klungkung, Bali, Selasa (25/6/2019). 12 Kilometer Garis Pantai di Klungkung Masih Rawan Abrasi, Tahun 2020 Fokus Tangani Nusa Penida 

12 Kilometer Garis Pantai di Klungkung Masih Rawan Abrasi, Tahun 2020 Fokus Tangani Nusa Penida

TRIBUN-BALI.COM, KLUNGKUNG - Berdasarkan data Bidang Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Pemukiman Klungkung, garis pantai di Klungkung memiliki panjang 113 kilometer.

Sementara garis pantai yang rawan abrasi, sepanjang 25 kilometer.

"Dari jumlah itu, yang sudah tertangani baru 13 kilometer. Sementara sekitar 12 kilometer belum tertangani," ujar Kabid Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Pemukiman Klungkung I Made Jati Laksana, Jumat (10/1/2020).

Tahun 2020 ini, penanganan abrasi difokuskan di Nusa Penida.

Penanganan abrasi dilakukan dengan pembangunan tanggul pengaman pantai di Desa Suana sepanjang 30 meter, dengan anggaran Rp 1 Miliar.

Lalu pembangunan tanggul pengaman pantai, juga dilakukan di pesisir Desa Ceningan sepanjang sekitar 27 meter dengan nilai proyek Rp 800 juta.

Serta pembangunan tanggul pengaman pantai sepanjang 20 meter, di Crystal Bay, Desa Sakti Nusa Penida dengan nilai proyek Rp 200 Juta.

"Pembangunan tanggul di Desa Suana sumber anggaranya dari Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Badung. Sementara di Crystal Bay dan di Ceningan menggunakan APBD," jelas Jati Laksana. 

Adakah Kaitan Wajah Cakep dengan Penghasilan dan Tingkat Kebahagiaan?

Ramalan Shio 11 Januari 2020, Shio Babi Saat Yang Tepat Untuk Berbisnis Dan Melancarkan Ide

Jumat (10/1/2020) kemarin, ratusan orang yang terdiri dari kepolisian, pemerintah, swasta, dan masyarakat umum melakukan penghujauan di pesisir Lepang, Desa Takmung, Banjarangkan, Klungkung, Bali.

Halaman
123
Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved