3 Kabupaten Ini Pertumbuhan Ekonominya di Atas Provinsi Bali  

Hanya tiga kabupaten/kota yang pertumbuhan ekonominya berada di atas Provinsi Bali

3 Kabupaten Ini Pertumbuhan Ekonominya di Atas Provinsi Bali   
Tribun Bali/Wema Satya Dinata
Suasana acara diseminasi indeks pembangunan ekonomi inklusif (IPEI) Provinsi Bali di Harris Hotel and Convention, Denpasar, Selasa (14/1/2020). 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Staf ahli bidang sinergi ekonomi dan pembiayaan Menteri PPN/Bappenas, Amalia Adininggar Widyasanti mengatakan Kabupaten Karangasem merupakan kabupaten yang memiliki indeks pembangunan ekonomi inklusif (IPEI) terendah di antara kabupaten/kota se Bali.

Sedangkan peringkat tertinggi se Bali diraih oleh Kota Denpasar.

Jika lebih didalami, dibandingkan dengan 460 kabupaten/kota se Indonesia, maka Karangasem menduduki peringkat ke-157.

Sementara Kota Denpasar menduduki peringkat ke-11 dalam pembangunan ekonomi inklusif se-Indonesia pada tahun 2018.

 
Amalia mengungkapkan saat ini Bappeda dan Litbang Kota Denpasar sudah menyatakan komitmennya melakukan studi kasus dengan Bappenas dan Smeru Institut untuk melihat lebih dalam apa penyebab Kota Denpasar lebih inklusif dibandingkan dengan kabupaten/kota lainnya di Provinsi Bali.

Juga Bappenas akan melakukan survei ke masyarakat Kota Denpasar untuk melihat dan mengetahui apakah masyarakat Denpasar paham dengan pembangunan inklusif, dan apakah merasakan kebijakan-kebijakan yang diambil Pemkot Denpasar.

“(Survei di Kota Denpasar) Ini mungkin akan menjadi pilot project dalam melakukan pendalaman dan memahami lebih lanjut mengenai tingkat inclusiveness di wilayah-wilayah Provinsi Bali,” kata Amalia di Denpasar, Selasa (14/1/2020).

 
Studi kasus rencananya akan dilakukan pada Bulan Februari mendatang, dan diperkirakan selesai tiga sampai empat bulan ke depan.

Di sisi lain, hanya tiga kabupaten/kota yang pertumbuhan ekonominya berada di atas Provinsi Bali, yaitu Denpasar, Badung dan Gianyar.

Sisanya 6 kabupaten lain masih berada di bawah rata-rata pertumbuhan ekonomi Provinsi Bali.

Halaman
123
Penulis: Wema Satya Dinata
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved