Namanya Bijak, Bayi Prematur yang Terselematkan oleh JKN-KIS

Ketika Taufik mengurus administrasi anaknya, pihak RSU menyarankannya untuk mengurus kepesertaan JKN-KIS sang buah hati

Namanya Bijak, Bayi Prematur yang Terselematkan oleh JKN-KIS
BPJS Kesehatan
Bijak Laksana Muhammad digendong sang ibu dan ayahnya. Namanya Bijak, Bayi Prematur yang Terselematkan oleh JKN-KIS 

Namanya Bijak, Bayi Prematur yang Terselematkan oleh JKN-KIS

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Lahirnya seorang anak adalah dambaan bagi setiap pasangan suami istri, begitu halnya dengan Muhammad Taufik Hidayat seorang peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU).

Pria berusia 45 ini kembali mendapatkan anugerah anak ketiga yang diberi nama Bijak Laksana Muhammad, melalui proses melahirkan normal yang penuh dengan perjuangan.

“Ketika istri saya hamil 26 minggu, ia mengalami pecah ketuban dan kami langsung membawanya ke UGD RSU Surya Husada Denpasar, ternyata bayi kami harus segera dilahirkan karena kondisi sudah pembukaan 5, hingga akhirnya Bijak lahir dalam kondisi prematur dengan berat lahir 850 gram,” kenang Taufik diawal ceritanya.

Taufik menambahkan, anaknya yang lahir prematur diharuskan mendapatkan perawatan lebih lanjut di NICU, dan pastinya memerlukan biaya yang sangat mahal

“Pada saat itu kami hanya bisa pasrah dan berpikir aset mana yang bisa dijual untuk biaya perawatan Bijak,” ujar Taufik.

Ketika Taufik mengurus administrasi anaknya, pihak RSU Surya Husada menyarankannya untuk mengurus kepesertaan JKN-KIS sang buah hati.

Karena untuk bayi baru lahir diberikan waktu 3x24 jam untuk mengurus kepesertaannya agar mendapatkan pelayanan kesehatan yang ditanggung JKN-KIS.

“Lalu tanpa pikir panjang kami pun mengurus kepesertaan JKN-KIS anak kami dengan syarat yang cukup mudah, yaitu surat keterangan lahir sementara dari RS, kartu keluarga dan kartu JKN orangtua,” ucap Taufik

Taufik bersyukur semua pelayanan begitu cepat dan mudah, sampai Bijak keluar dari RSU Surya Husada untuk dirujuk ke RSUP Sanglah.

Halaman
12
Editor: Irma Budiarti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved