Senat AS Setujui Aturan Sidang Pemakzulan Trump Setelah Debat Lebih dari 12 Jam

Senat AS menyetujui aturan sidang pemakzulan Presiden Donald Trump setelah debat lebih dari 12 jam.

Senat AS Setujui Aturan Sidang Pemakzulan Trump Setelah Debat Lebih dari 12 Jam
(AFP/GETTY IMAGES NORTH AMERICA/WIN MCNAMEE)
Presiden Amerika Serikat Donald Trump memberikan keterangan pers di Gedung Putih, Washington, pada 8 Januari 2020. Trump memberikan pernyataan sikap setelah Iran menyerang dua markas pasukan AS di Irak. Iran mengklai m bertanggung jawab sebagai balasan setelah Komandan Pasukan Quds, Jenderal Qasem Soleimani, tewas diserang rudal AS 

Senat AS Setujui Aturan Sidang Pemakzulan Trump Setelah Debat Lebih dari 12 Jam

TRIBUN-BALI.COM, WASHINGTON DC- Senat AS menyetujui aturan sidang pemakzulan Presiden Donald Trump setelah debat lebih dari 12 jam.

Pembukaan sidang berlangsung sengit setelah Demokrat berupaya mengubah proposal aturan yang ditawarkan oleh Republik.

Sidang itu dimulai pada Selasa (21/1/2020) dengan Pemimpin Mayoritas Senat Mitch McConnell tiba-tiba mengubah aturannya.

Dilansir Al Jazeera Rabu (22/1/2020), peraturan yang dimaksud adalah baik kuasa hukum Trump maupun penuntut dari DPR AS mendapat dua sesi di argumentasi pembuka.

Dalam perubahannya, kedua kubu bakal masing-masing bakal mendapat tiga hari untuk merepresentasikan pembelaan mereka di sidang pemakzulan.

Siswi SMP Buleleng Berani Foto Bugil, Tersangka Penyebar Konten di Medsos Masih Bebas Berkeliaran

Sudah Sepakan Foto Bugil Siswi SMP di Buleleng Viral, Ini Penjelasan Polisi

Tak pelak, tulisan tangan senator asal Kentucky itu tak menuai protes dari Demokrat, namun juga sekutunya sendiri di Republik.

Kemudian saat sidang, Demokrat total mengajukan 11 amendemen berisi permintaan agar bisa mengajukan saksi dari pihak Gedung Putih.

Saksi yang diinginkan oleh oposisi antara lain adalah penjabat Kepala Staf Gedung Putih Mick Mulvaney, dan mantan Penasihat Keamanan Nasional John Bolton.

Masing-masing amendemen itu diperdebatkan, dan berakhir melalui voting di mana Republik menang dengan perbandingan 53-47.

Halaman
12
Editor: Rizki Laelani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved