Tiga Pesawat TNI Angkatan Udara Siap Jemput WNI di Wuhan China

TNI Angkatan Udara menyatakan siap untuk mengevakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Kota Wuhan

Tiga Pesawat TNI Angkatan Udara Siap Jemput WNI di Wuhan China
Tribun Bali / Zaenal Nur Arifin
Salah satu pesawat yang akan dihadirkan pada static show sore nanti berjenis Hercules C-130 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - TNI Angkatan Udara menyatakan siap untuk mengevakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Kota Wuhan, China, yang menjadi asal virus corona.

Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsekal Pertama Fajar Adriyanto mengatakan, pihaknya menyiagakan tiga unit pesawat untuk mengevakuasi sekitar 250 WNI di Wuhan.

"Dalam hal ini TNI AU sudah siap berdasarkan perintah dari Panglima TNI atau Mabes TNI. Kita stand by saja menunggu untuk mengevakuasi masyarakat yang ada di sana," kata Fajar di Lapangan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (29/1/2020).

Hingga kini, belum diketahui kapan waktu evakuasi akan dilakukan.

Sebab TNI AU masih menunggu perintah dari pemerintah pusat untuk lakukan evakuasi tersebut.

"Hingga sekarang masih dikoordinasikan terus bagaimana teknis pelaksanaannya. Nanti kita jemput di mana? Atau hanya sampai di mana? Itu nanti urusan pemerintah pusat. Yang jelas kami berangkat ketika ada perintah dari Panglima TNI setelah berkoordinasi dengan kemenlu, kemenkes dan (pemerintah) pusat," ujar Fajar.

Apabila evakuasi WNI jadi dilaksanakan, nantinya WNI dan kru pesawat yang baru tiba dari Kota Wuhan rencananya akan dikarantina selama 28 hari.

"Berdasarkan hasil rapat, skemanya akan dikarantina dulu, setelah 28 hari baru bisa dinyatakan apakah bebas dari virus atau tidak. Karantinanya dilakukan di RS dr Sulianti (Saroso) punya Kemenkes," ujar Fajar.

Sebelumnya, virus corona pertama kali diidentifikasi berasal dari kota Wuhan, China.

Virus ini juga telah merebak ke 12 negara di berbagai benua.

Dilansir CNN (29/01/2020), pihak berwenang China mengumumkan 132 orang tewas akibat virus corona. Semuanya di daratan China.

Ada 6.056 kasus yang dikonfirmasi di seluruh negeri, dan lebih dari 70 kasus yang dikonfirmasi di luar China, termasuk AS, Australia, Perancis, dan Jerman.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Siap Evakuasi WNI dari Wuhan, TNI AU Tinggal Tunggu Perintah"

Editor: Aloisius H Manggol
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved