Ditjen Hubud Terapkan 8 Langkah Mitigasi Pesawat Batik Air yang Jemput WNI di Wuhan China

Kemenhub melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara akan mengawasi pelaksanaan mitigasi pesawat Batik Air yang jemput WNI di Wuhan

Ditjen Hubud Terapkan 8 Langkah Mitigasi Pesawat Batik Air yang Jemput WNI di Wuhan China
DOK BATIK AIR
Ditjen Hubud Terapkan 8 Langkah Mitigasi Pesawat Batik Air yang Jemput WNI di Wuhan China 

Ditjen Hubud Terapkan 8 Langkah Mitigasi Pesawat Batik Air yang Jemput WNI di Wuhan China

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Kemenhub melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara akan mengawasi pelaksanaan mitigasi pesawat yang telah kembali ke Indonesia, setelah melakukan misi kemanusian untuk mengevakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Kota Wuhan, Hubei, China.

"Kami akan mengawasi proses mitigasi pesawat agar bersih dari kuman virus corona," jelas Direktur Jenderal Perhubungan Udara Novie Riyanto, Minggu (2/2/2020), di Jakarta, melalui keterangan tertulisnya.

Langkah-langkah mitigasi tersebut merupakan prosedur yang telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan, yaitu sebagai berikut.

1. Pesawat diparkir pada area yang berjauhan dengan pesawat yang lain (isolated area).

2. Pesawat dalam kondisi kosong (tanpa kru dan penumpang), hanya ada petugas yang akan melakukan kegiatan disinfeksi/dekontaminasi, dan petugas menggunakan alat pelindung diri lengkap.

3. Bagian pesawat utama yang akan dilakukan disinfeksi adalah kabin dan kargo/bagasi.

4. Setelah semua petugas dan peralatan disiapkan, maka dilakukan kegiatan disinfeksi dengan menggunakan dry fogger yang diisi dengan bahan disinfektan khusus (netbiokem).

5. Butiran uap dari alat fogger tersebut diharapkan dapat melingkupi seluruh area yang ada dalam kabin dan bagian kargo.

Halaman
12
Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved