Pemkab Klungkung Bersinergi dengan Penyuluh Lestarikan Bahasa dan Aksara Bali

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Ayu Suwirta menjadi satu-satunya bupati yang hadir pada saat pembukaan festival Bulan Bahasa Bali

Pemkab Klungkung Bersinergi dengan Penyuluh Lestarikan Bahasa dan Aksara Bali
Humas Pemkab Klungkung
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Ayu Suwirta menjadi satu-satunya bupati yang hadir pada saat pembukaan festival Bulan Bahasa Bali bertempat di Gedung Ksirarnawa Taman Budaya Provinsi Bali, Denpasar, Bali, Sabtu (1/2/2020). Pemkab Klungkung Bersinergi dengan Penyuluh Lestarikan Bahasa dan Aksara Bali 

Pemkab Klungkung Bersinergi dengan Penyuluh Lestarikan Bahasa dan Aksara Bali

TRIBUN-BALI.COM, KLUNGKUNG - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Ayu Suwirta menjadi satu-satunya bupati yang hadir pada saat pembukaan festival Bulan Bahasa Bali bertempat di Gedung Ksirarnawa Taman Budaya Provinsi Bali, Denpasar, Bali, Sabtu (1/2/2020).

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali I Wayan Adnyana melaporkan festival ini diselenggarakan dari tanggal 1 Februari - 27 Februari 2020.

Bulan Bahasa Bali mengambil tema Melarapan Bulan Bahasa Bali Nyujur Atma Kerthi.

Acara pembukaan diisi dengan pagelaran Sendratari Aji Saka yang dibawakan Mahasiswa ISI Denpasar, yang menceritakan kelahiran Aksara Bali.

Dilanjutkan dengan kegiatan festival Nyurat Aksara Bali di atas daun Lontar yang diikuti 2.020 peserta, terdiri dari penyuluh bahasa Bali, mahasiswa, siswa SMA/SMK pendidik.

Penyelenggaraan festival ini diisi dengan beragam kegiatan, diantaranya pagelaran, lomba-lomba, seminar/diskusi, pameran, workshop dan kegiatan lainnya yang terkait dengan Festival Bulan Bahasa Bali.

I Wayan Adnyana mengharapkan penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali, tidak semata ritual aksara Bali menjadi ritual tahunan, tetapi lebih kepada upaya penghayatan agar dapat menjadikan aksara bali sebagai gaya hidup keseharian masyarakat Bali.

Gubernur Bali I Wayan Koster dalam sambutannya mengapresisiasi kehadiran Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dalam pembukaan Festival Bulan bahasa.

Dirinya juga menyampaikan Bulan Bahasa Bali merupakan bagian dari program yang dilaksanakan pemerintah provinsi dalam tujuan melestarikan bahasa dan sastra Bali.

Halaman
12
Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved