Pohon Tumbang di Denpasar Akibat Angin Kencang, BMKG: Kecepatan Angin Terekstrem di Awal Tahun

Tiga kejadian pohon tumbang di Denpasar akibat hujan deras dan angin kencang

Pohon Tumbang di Denpasar Akibat Angin Kencang, BMKG: Kecepatan Angin Terekstrem di Awal Tahun
BPBD Kota Denpasar
Pohon tumbang di Jalan Tantular, tepatnya di depan Kantor Pengadilan Tinggi Kamis (30/1/2020) sore. Pohon Tumbang di Denpasar Akibat Angin Kencang, BMKG: Kecepatan Angin Terekstrem di Awal Tahun 

Pohon Tumbang di Denpasar Akibat Angin Kencang, BMKG: Kecepatan Angin Terekstrem di Awal Tahun

Laporan Wartawan Tribun Bali, Ni Kadek Rika Riyanti

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Jumat (7/2/2020) kemarin, berdasarkan informasi dari Kepala BPBD Denpasar Joni Ariwibawa, terdapat tiga kejadian pohon tumbang di Denpasar, di antaranya di Jalan Raya Sesetan, Jalan PB Sudirman, dan Jalan Letda Tantular persisnya di depan Konsulat Australia.

Pohon tumbang terjadi karena hujan deras disertai angin kencang.

"Ya, karena kemarin hujan cukup deras dan disertai angin kencang," kata Joni Ariwibawa singkat melalui pesan WhatsApp, Sabtu (8/2/2020).

Kepala Bidang Data dan Informasi BBMKG Wilayah III Denpasar Iman Faturahman, mengatakan kecepatan angin per kemarin adalah 48 km/jam.

Kecepatan angin ini masuk dalam daftar kecepatan angin terekstrem di awal tahun, maka tak heran terjadi pohon tumbang di sejumlah lokasi.

Diungkapkan, peristiwa pohon tumbang ini sudah diprediksi sebelumnya.

"Benar, jadi dalam tiga hari terakhir itu kondisi Bali memang sudah masuk musim hujan, dimana monsoon Asia juga sudah aktif, kemudian ada fenomena Madden Julian Oscillation (MJO) fase basah sudah masuk Indonesia, sehingga fase basah ini membawa uap air dari arah Samudera Hindia ke Indonesia," ujarnya pada Tribun Bali via telepon, Sabtu (8/2/2020).

Iman Faturahman menambahkan, terdapat belokan angin di atas Jawa - Bali - Nusa Tenggara, ini juga akan memperlambat aliran angin, sehingga angin yang membawa uap air di situ akan menumpuk yang berkontribusi terhadap pembentukan awan hujan.

Halaman
12
Penulis: Ni Kadek Rika Riyanti
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved