Pemkab Badung Melaspas Pura Luhur Giri Kusuma Blahkiuh, Begini Cerita Sejarah di Baliknya

Wabup Suiasa merasa senang dapat melihat bangunan Pura Luhur Giri Kusuma yang telah berhasil direstorasi.

Pemkab Badung Melaspas Pura Luhur Giri Kusuma Blahkiuh, Begini Cerita Sejarah di Baliknya
istimewa
Wabup Badung I Ketut Suiasa saat menghadiri upacara pemelaspas serangkaian rampungnya restorasi Pura Kahyangan Jagat Luhur Giri Kusuma, Desa Blahkiuh, Kecamatan Abiansemal, Badung, Bali, Minggu (9/2/2020). 

Pemkab Badung Melaspas Pura Luhur Giri Kusuma Blahkiuh, Begini Cerita Sejarah di Baliknya

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Pemerintah Kabupaten Badung merampungkan pembangunan/restorasi Pura Kahyangan Jagat Luhur Giri Kusuma di Desa Blahkiuh, Kecamatan Abiansemal, Badung, Bali.

Rampungnya restorasi pura yang masuk dalam salah satu cagar budaya tersebut, dilaksanakan upacara pemelaspas sebagai upaya penyucian bangunan, Minggu (9/2/2020).

Upacara melaspas madya yang dipuput Ida Pedanda Gria Carangsari ini dihadiri Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa.

Turut hadir anggota DPRD Badung asal Blahkiuh I Gst Ngurah Saskhara, Camat Abiansemal IB Putu Mas Arimbawa yang juga Pj Perbekel Blahkiuh, Ketua PHDI Badung Gede Rudia Adiputra, Polres Badung, Bendesa Adat Blahkiuh IB Bajra serta tokoh masyarakat setempat.

Pura Luhur Giri Kusuma yang berstatus Pura Kahyangan Jagat ini mendapat bantuan dana Pemkab Badung untuk restorasi di tahun anggaran 2019, dengan nilai Rp 5 miliar.

"Seluruh bangunan pelinggih termasuk kori agung, bale kulkul dan tembok penyengker telah selesai diperbaiki, serta penataan kolam yang mengitari pura," ujar Wabup Suiasa.

Wabup Suiasa merasa senang dapat melihat bangunan Pura Luhur Giri Kusuma yang telah berhasil direstorasi dan dibangun kembali seperti semula.

Dukungan pemerintah ini sebagai bentuk komitmen dalam upaya melestarikan seni, adat, agama dan budaya yang telah menjadi salah satu prioritas program pembangunan di Kabupaten Badung.

"Diharapkan, masyarakat Blahkiuh, khususnya, selalu merawat pura ini dengan baik, selalu ingat/eling dan ngrastiti bakti ke hadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa yang berstana di Pura Luhur Giri Kusuma, terlebih pura ini telah masuk cagar budaya," katanya.

Halaman
12
Penulis: I Komang Agus Aryanta
Editor: Kander Turnip
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved