Breaking News:

Kemenkumham Bali Belum Temukan Pelaku Peretas Running Text di Kantor Imigrasi Denpasar

Kanwil Kemenkumham Bali hingga kini nampaknya belum menemukan pelaku peretas running text di Kantor Imigrasi Kelas I Denpasar

Tribun Bali/Ahmad Firizqi Irwan
Kepala Kanwil Kemenkumham Bali Sutrisno ditemui Tribun Bali di Lapas Kelas II A Kerobokan, beberapa waktu lalu. Kemenkumham Bali Belum Temukan Pelaku Peretas Running Text di Kantor Imigrasi Denpasar 

Kemenkumham Bali Belum Temukan Pelaku Peretas Running Text di Kantor Imigrasi Denpasar

Laporan Wartawan Tribun Bali, I Wayan Sui Suadnyana

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Bali hingga kini nampaknya belum menemukan pelaku peretas running text di Kantor Imigrasi Kelas I Denpasar.

"Untuk siapa (pelakunya) belum ditemukan," kata Kepala Kanwil Kemenkumham Bali Sutrisno seusai melantik notaris, notaris pengganti dan pergantian antar waktu Majelis Pengawas Daerah Notaris (MPDN) Kabupaten Klungkung dan Jembrana di Aula Kanwil Kemenkumham Bali, Denpasar, Bali, Kamis (13/2/2020).

Menurutnya, segala jenis peralatan elektronik yang berbasis wi-fi itu mudah diretas, sehingga yang melakukannya tentu mereka ahli IT.

Oleh karena itu, untuk mencari pelaku ini juga harus menggunakan ahli IT.

"Enggak mungkin dia enggak ahli IT jadi hacker kan. Karena kalau IT dirusak, pasti oleh orang yang ahli IT. Enggak mungkin orang yang enggak ahli IT," jelasnya.

Saat ditanya apakah ada dugaan 'orang dalam' yang melakukan hal tersebut, Sutrisno merasa itu tidak mungkin.

Untuk sekarang ini, kata dia, sistem IT di Kantor Imigrasi Kelas I Denpasar harus dicek setiap hari dan disediakan pengawas.

"Kalau ada yang melenceng, ya dimatikan dulu," kata Sutrisno.

Halaman
12
Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved