Sponsored Content

Menguatkan Rasa Kebersamaan Antar Semua Umat Beragama Melalui Upacara Odalan

Bertepatan dengan Sugihan Bali yang jatuh hari Jumat (14/2/2020), Favehotel Kuta Kartika Plaza melaksanakan odalan

Menguatkan Rasa Kebersamaan Antar Semua Umat Beragama Melalui Upacara Odalan
Favehotel
Menguatkan Rasa Kebersamaan Antar Semua Umat Beragama Melalui Upacara Odalan 

Menguatkan Rasa Kebersamaan Antar Semua Umat Beragama Melalui Upacara Odalan

TRIBUN-BALI.COM, BALI - Bertepatan dengan Sugihan Bali, yang jatuh hari Jumat (14/2/2020), Favehotel Kuta Kartika Plaza melaksanakan odalan yang rutin diadakan setiap 6 bulan sekali.

Odalan kali ini lebih menitikberatkan pada semangat mempererat rasa kebersamaan antar semua umat beragama.

Semua karyawan tak terkecuali yang menganut agama selain agama Hindu juga turut membantu dan menjadi panitia acara odalan kali ini.

Rangkaian upacara odalan diawali dengan Tirtayatra pada tanggal 11 Februari 2020 ke Pura Pulaki dan Melanting yang diikuti 13 orang karyawan termasuk Ratna Dewi selaku Hotel Manager.

Acara dilanjutkan tanggal 13 Februari 2020 mengajak semua karyawan berkumpul dan bergotong royong menyiapkan semua kebutuhan yang akan digunakan saat odalan, seperti penjor, gebogan dan membersihkan area padmasana hotel.

Tradisi unik di Favehotel Kuta Kartika Plaza adalah pembuatan gebogan yang dilakukan masing-masing departemen.

Rangkaian acara ditutup tanggal 14 Februari 2020.

Diawali kegiatan nunas tirta pukul 07.30 ke beberapa pura, dilanjutkan dengan mebat pembuatan sate, lawar, urutan dan garangasem oleh para karyawan hotel.

Setelah semua makanan khas odalan tersebut selesai dibuat, semua karyawan bergantian megibung atau makan bersama di rooftop.

Megibung atau makan bersama di Favehotel Kuta.
Megibung atau makan bersama di Favehotel Kuta. (Favehotel)

Selain hidangan dari babi, hidangan non babi disiapkan untuk karyawan yang tidak mengonsumsi babi agar semua karyawan dapat berkumpul bersama dalam momen odalan ini.

Kemudian pukul 13.00 Wita, dilanjutkan dengan menjemput banten yang akan digunakan saat puncak acara odalan.

Setelah semua rangkaian upacara odalan berakhir, semua karyawan berkumpul menyantap sesajen yang telah dihaturkan kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa.

“Odalan di Favehotel Kuta Kartika Plaza kali ini lebih kita titikberatkan pada rasa kebersamaan antar semua pemeluk agama. Kami yakin makna dari odalan itu sendiri telah menjadi cerminan yang baik bagi kami semua disini dalam mempererat rasa kebersamaan antar keluarga besar favehotel Kuta Kartika Plaza,” ujar Ratna Dewi, Hotel Manager di Favehotel Kuta Kartika Plaza.

(*)

Editor: Irma Budiarti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved