Rui Pinto Si Jenius Komputer yang Membongkar Kecurangan Man City & Kasus Cristiano Ronaldo Ini

Sosok Rui Pinto, peretas yang menjadi dalang di balik Football Leaks kini mendekam di penjara Lisbon, Portugal sejak Maret 2019.

Rui Pinto Si Jenius Komputer yang Membongkar Kecurangan Man City & Kasus Cristiano Ronaldo Ini
AFP/FERENC ISZA
Penggagas situs Football Leaks, Rui Pinto, dikawal oleh petugas keamanan saat ia tiba di Pengadilan Metropolitan di Budapest, Hungaria, pada 5 Maret 2019. 

TRIBUN-BALI.COM -- Sosok Rui Pinto, peretas yang menjadi dalang di balik Football Leaks kini mendekam di penjara Lisbon, Portugal sejak Maret 2019. 

Rui Pinto yang dijuluki si 'jenius komputer' bersama Football Leaks dan jejaringnya telah membocorkan berbagai kecurangan dan 'praktik gelap yang memengaruhi dunia sepak bola' sejak 2015. 

Terkini, bocoran dari Football Leaks memicu penyelidikan yang berujung ke temuan Badan Kontrol Keuangan Klub-klub UEFA (CFCB).

Juara bertahan Liga Inggris, Manchester City, terbukti "menggelembungkan pemasukan sponsor di dalam neraca keuangan mereka dan informasi titik impas yang diserahkan ke UEFA antara 2012 dan 2016".

Alhasil, Manchester City harus menerima skorsing dua tahun dari kompetisi antarklub Eropa terhitung musim 2020-2021 dan 2021-2022 serta diharuskan membayar denda sebesar 30 juta euro.

Manchester City tengah membawa putusan tersebut ke CAS (Pengadilan Arbitrase Olahraga).

Rui Pinto sendiri tak bisa membaca leluasa berita terkini mengenai Man City.

Pada Januari 2019, Pinto ditangkap di Hungaria ketika pulang dari supermarket bersama orang tuanya.

Pria yang dijuluki pihak berwajib sebagai "jenius komputer" ini tidak sempat berangkat ke Perancis di mana sedarinya ia akan bergabung ke program perlindungan saksi.

Kini, ia tengah mendekam di penjara Portugal untuk menjalani prasidang dan menunggu sidang.

Halaman
1234
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved