Komisi III Minta Dinas Pendidikan Klungkung Segera Sosialisasi ke Sekolah Soal Perubahan Skema BOS

Ia meminta Dinas Pendidikan dan jajarannya segera sosialisasi ke setiap sekolah terkait perubahan skema BOS ini

Komisi III Minta Dinas Pendidikan Klungkung Segera Sosialisasi ke Sekolah Soal Perubahan Skema BOS
Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Ketua Komisi III DPRD Klungkung Wayan Mardana. Komisi III Minta Dinas Pendidikan Klungkung Segera Sosialisasi ke Sekolah Soal Perubahan Skema BOS 

Komisi III Minta Dinas Pendidikan Klungkung Segera Sosialisasi ke Sekolah Soal Perubahan Skema BOS

TRIBUN-BALI.COM, KLUNGKUNG - Perubahan skema penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) mulai awal tahun ini, mendapat sorotan Ketua Komisi III DPRD Klungkung Wayan Mardana.

Ke depan ia meminta Dinas Pendidikan dan jajarannya segera sosialisasi ke setiap sekolah terkait perubahan skema ini.

"Kami di daerah sangat mendukung sekali penyederhanaan birokrasi penyaluran BOS. Kebijakan itu sejalan dengan program Menteri Pendidikan, mendorong program merdeka belajar," ujar Wayan Mardana, Kamis (20/2/2020).

Ia pun mendorong Dinas Pendidikan Kabupaten Klungkung agar sedari awal menyosialisasikan kebijakan Pemerintah Pusat ini kepada sekolah.

Sehingga nantinya dalam pengelolaan dana bos yang dilakukan, kepala sekolah (kepsek) aman dari persoalan hukum dan siswa bisa belajar dengan nyaman.

"Dengan skema baru itu, penyaluran dana BOS kan langsung ke sekolah. Sekarang tugas kami di daerah adalah mengawal kebijakan ini, agar dalam pengelolaannya kepala sekolah (kepsek) aman dari persoalan hukum dan siswa bisa belajar dengan nyaman,” tegasnya.

Politisi asal Desa Gunaksa, Kecamatan Dawan ini, juga meminta agar semua pihak terutama Dinas Pendidikan dan pengawas sekolah di semua jenjang, ikut bersama-sama mengawal penyaluran dan pemanfaatan dana BOS sesuai juklak juknis.

Adapun perubahan skema kebijakan terkait dengan Dana BOS Tahun 2020, pada mekanisme penyaluran, besaran harga satuan, dan penggunaan Dana BOS.

Misal dana BOS langsung ditransfer dari Rekening Kas Umum Negara (RKUN) ke rekening sekolah tanpa harus lagi melalui Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) seperti pada 2019.

Halaman
12
Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved