Menteri Pendidikan Turun Tangan Pasca Tragedi Susur Sungai yang Tewaskan 9 Siswa, Janji Investigasi

Nadiem Anwar Makarim menyampaikan pihaknya melakukan investigasi di lapangan terkait musibah susur sungai SMPN 1 Turi Sleman, Yogyakarta

Menteri Pendidikan Turun Tangan Pasca Tragedi Susur Sungai yang Tewaskan 9 Siswa, Janji Investigasi
(KOMPAS.com/WIJAYA KUSUMA)
Ratusan siswa SMPN 1 Turi Sleman terseret arus Sungai Sempor saat mengikuti kegiatan susur sungai, Jumat (21/2/2020). 

TRIBUN-BALI.COM- Kasus susur sungai dalam rangka kegiatan pramuka yang dilakukan oleh SMPN 1 Turi Sleman, Yogyakarta berbuah tragedi memilukan.

Sebanyak sembilan siswa meninggal dunia setelah terseret arus sungai dalam kegiatan susur sungai tersebut.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ( Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim menyampaikan pihaknya melakukan investigasi di lapangan terkait musibah susur sungai SMPN 1 Turi Sleman, Yogyakarta.

Mendikbud telah meminta tim Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, Dasar, dan Menengah (Ditjen PAUD Dasmen) bersama tim dari Inspektorat Jenderal untuk segera melakukan investigasi di lapangan.

9 Siswa Tewas dalam Tragedi Susur Sungai, Kepala Sekolah Mengaku Tak Tahu Ada Kegiatan

Mengenal Susur Sungai dan Hal-Hal yang Harus Diperhatikan

Cerita Siswa Selamat saat Susur Sungai, Ketika Kami di Tengah-tengah Sungai, Tiba-tiba Arus Besar

Saat ini, Sekretaris Jenderal (Sesjen) dan Inspektur Jenderal (Irjen) Kemendikbud sedang berada di lokasi untuk meninjau dan memberikan arahan penanganan secara langsung.

"Kami bersama pemerintah setempat dan pihak berwajib terjun langsung ke lapangan untuk menelusuri apa yang menyebabkan hal ini bisa terjadi," tegas Mendikbud melalui siaran pers resmi (22/2/2020).

Selain itu Mendikbud Nadiem juga akan memastikan prioritas perawatan kepada para korban luka dan trauma psikis.

Saat ini tim Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah bekerja sama dengan pemerintah daerah serta pihak-pihak terkait untuk memastikan evakuasi dan penanganan para korban menjadi prioritas.

Kepala Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Kemendikbud Provinsi DIY, Minhajul Ngabidin, melaporkan bahwa tim LPMP juga membuka posko di SMPN 1 Turi.

Sebelumnya, Mendikbud Nadiem Makarim juga menyampaikan belasungkawa kepada keluarga siswa SMPN 1 Turi yang menjadi korban jiwa dalam insiden di sungai Sempor, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Halaman
12
Editor: Huda Miftachul Huda
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved