Sel Telurnya Dibekukan, Wanita Pengidap Kanker Ini Lahirkan Bayi Sehat

Melansir The Guardian, Kamis (20/2/2020), sel telur wanita itu, dikumpulkan, dimatangkan di laboratorium dan dibekukan untuk digunakan

Sel Telurnya Dibekukan, Wanita Pengidap Kanker Ini Lahirkan Bayi Sehat
Ganendra
Ilustrasi bayi. 

TRIBUN-BALI.COM- Seorang wanita di Prancis yang tidak subur akibat pengobatan kanker, berhasil melahirkan bayi, setelah sel telurnya dibekukan lima tahun lalu.

Melansir The Guardian, Kamis (20/2/2020), sel telur wanita itu, dikumpulkan, dimatangkan di laboratorium dan dibekukan untuk digunakan lima tahun kemudian.

Spesialis kesuburan di rumah sakit Antoine Béclère University di Clamart, dekat Paris mengatakan bocah sehat yang lahir dari telur beku ibunya itu bernama Jules. Dia adalah bayi pertama yang lahir melalui prosedur kelahiran baru di negara tersebut.

"Kami tidak tahu apakah telur yang beku itu dapat bertahan dan mempertahankan potensi kehamilan dan kelahiran hidup," ungkap Michael Grynberg, kepala kedokteran reproduksi dan kesuburan di rumah sakit itu.

Sebelum menjalani program kemoterapi untuk kanker payudara yang dideritanya pada usia 29 tahun, wanita tersebut ditawarkan konseling kesuburan.

Utak-atik MotoGP di Spanyol Mulai Tahun 2022, Termasuk Sirkuit Mandalika

Daniel Mananta Ungkap Sosok Mendiang Suami BCL yang Tak Banyak Diketahui Orang, Termasuk Warisan

Siswi SMP Dibujuk Suntik KB Lalu Dipaksa Intim Bertiga, Polisi: Istrinya yang Minta Agar Bergairah

Dokter mengesampingkan prosedur IVF standar menggunakan hormon untuk merangsang indung telur wanita untuk menghasilkan telur.

Sebab, prosedur itu dikhawatirkan akan memperburuk kanker yang dideritanya. Pilihan lain adalah dengan menghapus dan membekukan jaringan ovarium pasien dan memasangnya kembali saat dia pulih.

Akan tetapi, wanita itu menganggap operasi tersebut terlalu invasif. Sebaliknya, wanita tersebut memilih pengambilan telur tahap awal dari indung telurnya. Telur ini mata di laboratorium selama satu atau dua hari dan dilakukan vitrifikasi.

Vitrifikasi yakni suatu proses membekukan sel dengan cepat dalam nitrogen untuk mengurangi kemungkinan kristal es membentuk dan memecahnya.

Kendati sembuh dari penyakit kanker, wanita ini tidak bisa hamil secara alami dan kembali ke rumah sakit untuk melakukan perawatan kesuburan.

Halaman
12
Editor: DionDBPutra
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved