Citizen Journalism

Korsel Siaga Merah, Virus Corona Membatalkan Wisuda Alira di Korea University Business School

Korea University Business School membatalkan acara wisuda. Penyebabnya hanya satu karena virus corona yang makin merajalela di Korsel.

Dok Dr Aqua Dwipayana
Dr Aqua Dwipayana bersama istri dan putrinya Alira Vania Putri Dwipayana (tengah) di Korea Selatan saat membuat foto kenang-kenangan setelah Alira menuntaskan pendidikan di Korea University Business School, Sabtu (22/2/2020). Manajemen Korea University Business School membatalkan acara wisuda yang rencana semula Selasa (25/2/2020), karena virus corona yang makin merajalela di Korsel. 

"Bersyukur Alira sudah ambil pakaian wisuda termasuk toga sehingga telah foto-foto sebagai kenang-kenangan. Mulai sore (Minggu, 23/2/2020-pen) pihak universitas sudah menghentikan peminjaman pakaian untuk wisuda. Teman-teman yang belum sempat pinjam di kampus akan Alira pinjamkan agar mereka punya foto-foto dokumentasi dengan pakaian wisuda," kata si sulung Alira Vania Putri Dwipayana Minggu sore lalu.

Sebelumnya Alira sudah menginfokan bahwa manajemen kampus tempatnya kuliah, Korea University Business School membatalkan acara wisuda. Rencana semula wisudanya Selasa (25/2/2020) pagi ini.

Keputusan itu diambil menyusul kampus-kampus lain di Korea Selatan (Korsel) yang telah lebih dulu mengumumkan tahun ini meniadakan wisuda. Penyebabnya hanya satu karena virus corona yang makin merajalela di Korsel. Pihak kampus tidak ingin korban bertambah karena banyak orang yang berkumpul saat seremoni wisuda.

Sebagai gantinya selama seminggu, sejak Sabtu lalu hingga Sabtu ini (22 - 29/2/2020) pihak kampus Korea University Business School meminjamkan pakaian wisuda kepada mahasiswa S1, S2, dan S3. Tujuan utamanya untuk dipakai foto-foto sebagai kenang-kenangan.

Perasaan Alira kuat sekali terkait dengan itu. Meski peminjaman pakaian wisudanya selama seminggu, Alira memilih meminjamnya hari pertama, Sabtu lalu.

Alira Satu-Satunya WNI, Ratusan Orang Berfoto

Sabtu pagi sekitar pukul 07.45 kami mendarat di Incheon Airport Seoul yang merupakan bandara terbaik di dunia. Alira dan temannya sesama alumni SMA Regina Pacis Bogor, Metta Wimala yang menjemput kami di Bandara.

Kami langsung ke apartemen Alira. Istirahat dan mandi di sana karena masuk hotel bisanya paling cepat pukul 15.00. Setelah itu jalan-jalan di seputaran Kota Seoul.

Siangnya Alira mengajak kami ke kampusnya. Begitu masuk ke gerbang Korea University Business School di Seoul di halamannya yang luas kami melihat ramai sekali calon sarjana yang foto-foto. Jumlahnya mencapai ratusan orang.

Pendampingnya lebih banyak lagi. Rata-rata satu calon wisudawan/wati ditemani dua orang. Sedangkan Alira didampingi enam orang termasuk kami orangtuanya dan empat temannya yang dua di antaranya Luluk Azkarini dan Nastiti Ayu Prabaningtyas yang sengaja datang dari Jakarta serta Metta Wimala dari Taiwan.

Halaman
123
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved