KRI Angkatan Laut Ini Dianggap yang Paling Siap Evakuasi WNI dari Kapal Diamond

Moeldoko menilai evakuasi paling siap dilakukan jika melalui jalur laut menggunakan KRI Suharso

Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Kegiatan bantuan kelompok medis di luar kapal Diamond Princess berusaha memasukkan obat-obatan dan berbagai hal ke dalam kapal. 

TRIBUN-BALI.COM- Pemerintah saat ini masih membahas soal angkutan yang dipakai untuk menjemput warga negara Indonesia (WNI) di Kapal Diamond Princess di Yokohama, Jepang, akibat penyebaran virus corona.

Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko mengungkapkan, pemerintah belum memutuskan jalur mana yang akan dipilih untuk mengevakuasi WNI di Kapal Diamond Princess di Yokohama, Jepang, akibat penyebaran virus corona di sana.

Meski demikian, Moeldoko menilai evakuasi paling siap dilakukan jika melalui jalur laut menggunakan KRI Suharso.

Korsel Siaga Merah, Virus Corona Membatalkan Wisuda Alira di Korea University Business School

Dinkes Bali Temukan Lokasi Menginap WN Jepang Positif Corona Seusai Berlibur di Bali

Korban Virus Corona di China Terus Meningkat, Kini Hong Kong Kekurangan Stok Peti Mati

Otoritas Italia Buru Penyebar Super Virus Corona yang Tewaskan 7 Orang, Prancis Khawatir

"Ya masih proses negosiasi. Menteri Luar Negeri dengan Jepang karena opsi kita masih antara laut dengan udara. Laut yang paling siap adalah Kapal Suharso, kapal kesehatan TNI. Ini masih ada yang perlu dibicarakan dengan pemerintah Jepang," kata Moeldoko.

Moeldoko mengatakan sudah ada hitung-hitungan detail yang dilakukan oleh Menteri Kesehatan (Menkes).

"Kan dihitung dengan baik oleh Menkes. Jadi tidak sekadar ambil tapi pertimbangkan risiko-risiko. Sudah dihitung dengan detail oleh Menkes, faktor-faktor psikologinya, faktor ekonominya, semua sudah dihitung," lanjut Moeldoko.

Sebelumnya, pemerintah segera mengevakuasi warga negara Indonesia yang berada di kapal pesiar Diamond Princess yang saat ini bersandar di perairan Yokohama, Jepang, dalam waktu dekat untuk kembali ke Indonesia.

Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman mengatakan, keputusan itu diambil setelah pemerintah menggelar rapat teknis antara kementerian/lembaga terkait dan Pemerintah Jepang.

"Pemerintah segera melakukan evakuasi kemanusiaan tahap dua dari Yokohama (Jepang) dalam waktu dekat setelah melakukan rapat teknis dengan kementerian/lembaga terkait di dalam negeri dan Pemerintah Jepang khususnya di luar negeri," kata Fadjroel dalam keterangan tertulis, Sabtu (22/2/2020).

Diketahui, terdapat empat WNI kru kapal pesiar Diamond Princess di perairan Yokohama yang terinfeksi virus Covid-19.

Adapun total WNI yang menjadi kru kapal tersebut sebanyak 78 orang.

Fadjroel mengatakan, empat orang WNI yang dinyatakan positif terdampak virus Covid-19 sudah dirawat dengan sangat baik di rumah sakit di Jepang yang memenuhi semua protokol WHO. (*)


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul moeldoko-sebut-kri-suharso-paling-siap-evakuasi-wni-di-kapal-diamond

Editor: Huda Miftachul Huda
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved