142 SMA/SMK Negeri di Bali Siap Ikuti UNBK

Seluruh SMA/SMK negeri di Bali tahun ajaran 2019/2020, 100 persen mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer

142 SMA/SMK Negeri di Bali Siap Ikuti UNBK
TRIBUN BALI/EKA MITA SUPUTRA
Suasana UNBK di SMPN 1 Semarapura, Klungkung, Senin (22/4/2019). 142 SMA/SMK Negeri di Bali Siap Ikuti UNBK 

142 SMA/SMK Negeri di Bali Siap Ikuti UNBK

Laporan Wartawan Tribun Bali, Ni Kadek Rika Riyanti

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Seluruh SMA/SMK negeri di Bali tahun ajaran 2019/2020, 100 persen mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Sesuai dengan kebijakan terbaru Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim, 2020 merupakan tahun terakhir pelaksanaan ujian nasional (UN) di seluruh Indonesia.

Pada 2021 pelaksanaan UN akan diubah menjadi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang terdiri dari soal literasi, numerasi, dan penguatan pendidikan karakter.

Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Kadisdikpora) Ketut Ngurah Boy Jayawibawa mengatakan, sebanyak 100 persen SMA/SMK Negeri siap melaksanakan UNBK.

“Jadi UNBK sekarang yang terakhir, tahun depan kata bapak menteri sudah tidak lagi. Di Bali UNBK sudah semuanya menggunakan komputer dari total 142 sekolah yang tersebar di 9 kabupaten. Hanya yang kejar paket yang masih UNKP,” katanya, ketika dihubungi Tribun Bali via telepon, Jumat (28/2/2020).

Dirinya menambahkan, UNBK tahun lalu sudah mencapai 100 persen karena pihaknya terus mengupayakan agar setiap sekolah yang kekurangan sarana-prasarana, tetap mengikuti UNBK dengan kolaborasi dan sekolah lain.

“Kami upayakan sudah 100 persen dalam arti kalau sekolahnya kekurangan sarana-prasarana komputer, kami sudah fasilitasi meminjam di sekolah lain, agar bisa serentak UNBK,” jelasnya.

Adapun jadwal UNBK tingkat SMK/MAK akan diadakan 16 - 19 Maret 2020, dengan mata pelajaran yang diujikan antara lain Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan teori kejuruan.

Halaman
12
Penulis: Ni Kadek Rika Riyanti
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved