Khawatir Penyebaran Virus Corona, KTT ASEAN di AS Ditunda, Kemenlu RI Sudah Terima Pengumuman Resmi

Kementerian Luar Negeri RI mengaku sudah mendapatkan pengumuman resmi dari Amerika Serikat soal penundaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN

TRIBUN/BIRO PERS
Presiden Joko Widodo berbincang dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump (tengah) saat hendak berfoto bersama pimpinan negara-negara peserta KTT G-20 di Hamburg, Jerman, Jumat (7/7/2017). Khawatir Penyebaran Virus Corona, KTT ASEAN di AS Ditunda, Kemenlu RI Sudah Terima Pengumuman Resmi 

Khawatir Penyebaran Virus Corona, KTT ASEAN di AS Ditunda, Kemenlu RI Sudah Terima Pengumuman Resmi

TRIBUN-BALI.COM - Khawatir Penyebaran Virus Corona, KTT ASEAN di AS Ditunda, Kemenlu RI Sudah Terima Pengumuman Resmi

Amerika Serikat mengumumkan penundaan acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Las Vegas, pada 14 Maret 2020 mendatang, karena khawatir penyebaran virus corona. 

Mengenai hal itu, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI mengaku sudah mendapatkan pengumuman resmi dari Amerika Serikat. 

"Sudah diumumkan. Pihak pemerintah Amerika Serikat sudah menghubungi Indonesia. (Penundaan diumumkan, - red) malam tadi, waktu Washington," ujar Pelaksana tugas (Plt) juru bicara Kemenlu Teuku Faizasyah, ketika dihubungi, Sabtu (29/2/2020). 

Teuku mengatakan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mendapatkan laporan terkait penundaan KTT ASEAN dari duta besar di Washington D.C.

"Berdasarkan informasi tersebut, dubes kita di Washington melaporkan ke kita, tepatnya ke Ibu Menlu. Jadi secara informasi resmi sudah diketahui di Jakarta, melalui Kedutaan Besar kita di Washington D.C," tandasnya. 

Sebelumnya diberitakan, Amerika Serikat telah menunda Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN dikarenakan kekhawatiran akan virus corona, Jumat (28/2/2020).

Petugas administrasi senior mengatakan sedianya KTT ASEAN akan digelar di Las Vegas, AS, pada Maret 2020. 

"Sebagaimana komunitas internasional bekerjasama untuk menangkal virus corona, AS telah membuat keputusan sulit untuk menunda KTT ASEAN setelah berkonsultasi dengan pihak-pihak terkait," ujar petugas yang tak disebut namanya, seperti dikutip dari Channel News Asia, Sabtu (29/2/2020).

Para pemimpin negara ASEAN dijadwalkan bertemu dengan Presiden AS Donald Trump sebagai tuan rumah, pada 14 Maret mendatang.

Keterangan resmi menyatakan AS 'sangat menghargai hubungan dengan negara-negara yang terdampak dan berharap bertemu di waktu mendatang'.

(Tribunnews/Vincentius Jyestha Candraditya)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Kemenlu Sudah Terima Pengumuman Resmi Ditundanya KTT ASEAN di Amerika Serikat 

Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved