Breaking News:

Bali Tingkatkan Ekspor Melalui Pelabuhan Benoa

Kehadiran moda transportasi barang alternatif melalui jalur laut di Pelabuhan Benoa menjadi angin segar bagi para pengusaha ekspor

Penulis: AA Seri Kusniarti | Editor: Irma Budiarti
Tribun Bali/A A Seri Kusniarti
Gubernur Bali saat melepaskan kapal peti kemas di Pelabuhan Benoa, Denpasar, Bali, bersama jajaran Pelindo III, kemarin. Bali Tingkatkan Ekspor Melalui Pelabuhan Benoa 

Bali Tingkatkan Ekspor Melalui Pelabuhan Benoa

Laporan Wartawan Tribun Bali, Anak Agung Seri Kusniarti

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III, berkomitmen mendukung kemajuan pariwisata di Bali

Selain mega proyek Bali Maritime Tourism Hub (BMTH) yang akan rampung tahun 2023, untuk mendukung pariwisata maritim, Pelindo III bersama Pemprov Bali, Bea Cukai, DPW ALFI/ILFA Bali, dan PT Meratus Line menandatangani nota kesepakatan tentang Pemberian Insentif Jasa Kepelabuhanan Produk Ekspor dari Bali untuk Peningkatan Aktivitas dan Efisiensi Logistik Angkutan Laut, guna menunjang sektor pariwisata dan perdagangan.  

Tujuan nota kesepakatan tersebut, peningkatan efisiensi sistem logistik dan daya saing angkutan laut dengan menata lalu lintas peti kemas yang sebelumnya melalui jalur darat agar mulai menggunakan jalur laut. 

Dengan beralihnya komoditi ekspor melalui jalur laut, maka diharapkan dapat mengurangi beban dan jalan nasional, mengurangi risiko kecelakaan, serta meningkatkan kenyamanan dan keamanan wisatawan di Bali

Gubernur Bali I Wayan Koster, dalam sambutannya saat pemberangkatan kapal peti kemas yang membawa komoditi ekspor perdana di Pelabuhan Benoa mengatakan, tersedianya kapal peti kemas yang sandar dan mengangkut komoditi ekspor di Pelabuhan Benoa Bali melalui laut akan memberikan dampak positif kepada Bali. 

LINK STREAMING Bali United vs Persita Tangerang, WCP dan Teco Saling Puji

Berikut Kronologi Lengkap hingga Muncul Berita Hoaks Paus Fransiskus Disebut Mengidap Virus Corona

Di antaranya menekan sistem dan biaya logistik serta mengurangi risiko kerusakan jalan darat dampak dari arus pengiriman barang lewat darat.

“Adanya kemudahan ekspor barang melalui Pelabuhan Benoa, dapat mengurangi beban biaya logistik, serta menekan potensi kerusakan jalan nasional di wilayah Bali. Tak hanya itu kami rasa hal ini juga akan mendorong para pelaku industri kerajinan dan kreatif Bali untuk semakin memperluas jangkauannya di luar negeri,” ujar I Wayan Koster, dalam siaran pers, Minggu (1/3/2020).

Senada dengan pernyataan Gubernur Bali, Direktur Operasi dan Komersial Pelindo III Putut Sri Muljanto, menyatakan Pelindo III akan senantiasa hadir dan mendukung potensi peningkatan ekonomi, khususnya di wilayah Bali dan sekitarnya. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved