Breaking News:

Duh, Belum Bayar Uang Semesteran, 80 Siswa Dikeluarkan Saat Ujian

Sejak 2015 ada 25 ijazah ditahan oleh SMKN 4 Bangli karena siswanya tidak membayar uang semesteran.

Penulis: Muhammad Fredey Mercury | Editor: Bambang Wiyono
Shutterstock via Kompas.com
Ilustrasi ujian sekolah - 

TRIBUN-BALI.COM, BANGLI - Puluhan siswa di SMKN 4 Bangli, Bali tidak boleh ikut ujian sekolah (US) lantaran belum membayar atau melunasi uang semester.

Kepala SMKN 4 Bangli, Dewa Gede Darmayasa menjelaskan, sesuai pendataan dari total 200 siswa peserta US, terdapat 80 siswa yang tersangkut masalah pembayaran ini.

Besaran tunggakan pun beragam, mulai dari satu semester hingga empat semester.

“Kalau dulu namanya SPP, kemudian berubah nama jadi uang komite, dan sejak tahun 2017 berubah nama menjadi dana penyertaan masyarakat. Besarnya mencapai Rp 546 ribu per semester. Sesuai RKA, dana ini dikelola untuk membayar guru dan tenaga honor hingga kegiatan kesiswaan. Dana ini sudah melalui kesepakatan orangtua ketika anaknya masuk ke SMKN 4,” ucapnya, Kamis (5/3/2020).

Seluruh siswa yang bermasalah dalam pembayaran akhirnya dikeluarkan dari kelas pada hari kedua US, Rabu (4/3/2020).

Setelah dikeluarkan, lanjut Darmayasa, ternyata hampir 60 siswa telah membawa uang pembayaran, namun tidak dibayarkan.

“Setelah dibayarkan ke bendahara, mereka kembali mengikuti US. Sedangkan 20 siswa yang belum melunasi pembayaran, saya sarankan untuk menghubungi orangtua siswa bersangkutan,” ujarnya.

Ihwal pelunasan pembayaran ini, Darmayasa menegaskan sudah menginformasikan pada para siswa agar berkoordinasi dengan pihak sekolah, bilamana ada kendala keuangan orangtuanya.

Tujuannya, agar pihak sekolah mengetahui secara pasti bahwa orangtua siswa bersangkutan benar-benar belum mampu untuk melunasi pembayaran.

“Kami dari pihak sekolah juga memberikan kemudahan, tergantung kemampuan orangtua kapan bisa membayar. Karena yang kami takutkan adalah siswa sudah diberikan uang dari orangtuanya, namun tidak dibayarkan. Itu sasaran sebenarnya, agar siswa lebih disiplin serta meningkatkan kejujuran mereka,” terangnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved