Breaking News:

Hari Raya Nyepi

Dana Ogoh-ogoh, Sekaa Teruna di Badung Dapat Rp 40 Juta, Denpasar Rp3,5 Juta, Gianyar Cari Sendiri

Berikut adalah respons pemerintah di Badung, Denpasar, dan Gianyar terkait pembuatan ogoh-ogoh oleh sekaa teruna di wilayah mereka masing-masing.

Penulis: Widyartha Suryawan | Editor: Ady Sucipto
Kolose Tribun Bali
Ilustrasi: Ogoh-ogoh tahun 2019 karya ST Sesana Putra (Ubung) dan ST Dharma Sentana (Canggu) 

TRIBUN-BALI.COM - Dalam hitungan hari, umat Hindu Bali akan merayakan hari raya Nyepi Tahun Baru Caka 1942, yang jatuh pada 25 Maret 2020.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, sekaa teruna di masing-masing banjar di seluruh wilayah di Bali mulai mempersiapkan ogoh-ogoh terbaiknya untuk diarak keliling desa saat malam pengerupukan.

Meskipun secara substansi tidak menjadi bagian dari Hari Raya Nyepi, pawai ogoh-ogoh yang biasanya digelar setelah prosesi Tawur Kesanga selalu dinanti-nanti oleh masyarakat Bali.

5 Fakta Ogoh-ogoh di Bali, Sejarah Hingga Perkembangannya

Bahkan, beberapa pemerintah daerah setingkat kabupaten/kota di Bali memberi perhatian khusus terkait pembuatan ogoh-ogoh di masing-masing banjar.

Hal itu misalnya dilakukan dengan melombakan ogoh-ogoh dan penilaiannya dilakukan sebelum pengerupukan.

Adanya lomba ogoh-ogoh tersebut menuntut kreativitas dan inovasi para sekaa teruna agar ogoh-ogoh yang dibuat tidak monoton, tetapi juga tidak terlepas dari kriteria yang dipersyaratkan.

Berikut adalah respons pemerintah di tiga kabupaten/kota di Bali (Badung, Denpasar, dan Gianyar) terkait pembuatan ogoh-ogoh oleh sekaa teruna di wilayah mereka masing-masing:

Di Badung, Setiap Sekaa Teruna Dapat Rp40 Juta
Dibandingkan dengan kabupaten/kota lainnya di Bali, dana motivasi ogoh-ogoh yang digelontorkan oleh Pemkab Badung adalah yang paling fantastis: Rp 40 juta per sekaa teruna!

Penyerahan dana motivasi ogoh-ogoh pun telah dilakukan oleh Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta didampingi oleh Wabup Suiasa, Senin (17/2/2020) di  Balai Budaya Giri Nata Mandala Puspem Badung.

Sebanyak Ketua Sekaa Teruna dan Yowana se-Kabupaten Badung yang berjumlah 563 Sekaa mendapat porsi yang sama besarannya, yaitu RP 40 juta sebelum dipotong pajak.

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved