Breaking News:

Corona di Indonesia

Demi Mencegah Virus Corona, KPAI Imbau Orangtua Tidak Ajak Anak-anak Liburan

Beberapa pemerintah daerah telah mengeluarkan kebijakan meliburkan anak demi mencegah penyebaran virus corona.

Tribun Bali/Saiful Rohim
Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Karangasem melakukan penyemprotan disinfektan secara massal di daerah Pariwisata Candidasa, Kecamatan Karangasem, Minggu (15/3/2020). 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Komisioner KPAI bidang Pendidikan, Retno Listyarti meminta orang tua untuk tidak mengajak anak-anaknya bepergian selama libur sekolah selama 14 hari.

Beberapa pemerintah daerah telah mengeluarkan kebijakan meliburkan anak demi mencegah penyebaran virus corona.

Retno meminta demi efektivitas kebijakan tersebut para orang tua agar mematuhi.

"Semua orang harus bekerjasama, semua warga Indonesia harus membantu, warga harus kompak, yaitu patuh untuk tidak kemana-mana dalam 14 hari itu kecuali untuk hal yang sangat perlu," ujar Retno kepada Tribunnews.com, Senin (16/3/2020).

Retno menjelaskan bahwa libur 14 hari bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Menurutnya, langkah ini akan berhasil jika semua orang tetap tinggal di rumah masing-masing selama 14 hari.

Jika waktu tersebut digunakan untuk jalan-jalan, maka ada potensi seorang anak dan keluarganya tertular meski tidak menunjukan gejala sakit.

Ketika, anak tersebut masuk dapat menularkan virus corona di sekolah.

"Seandainya dia jalan-jalan di hari ke-10 dan terlular Covid-19 di tempat yg ia kunjungi, mungkin pada hari ke 14 atau 15 belum ada tanda-tanda dia sakit, tetapi dia sudah membawa Covid-19 di tubuhnya dan berpotensi menularkan," jelas Retno.

"Andai dia masuk sekolah pada hari ke 15 dan seterusnya. Maka 14 hari libur sekolahnya itu, tidak ada gunanya, penularan terjadi juga di sekolah, efek domino akan berlangsung, rantai penularan tidak terputus," tambah Retno.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengatakan, pemerintah daerah dapat mengeluarkan banyak kebijakan demi mencegah penyebaran virus corona (Covid-19).

Salah satu kebijakan yang dapat diambil, yakni meliburkan sementara proses belajar mengajar di sekolah dan universitas dan mengimbau mereka belajar di rumah.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul KPAI Imbau Orang Tua Tidak Ajak Anak-anak Bepergian Selama Sekolah Diliburkan untuk Hindari Corona

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved