Hasil Poling, Mayoritas Warga Jepang Harapkan Olimpiade Tokyo 2020 Ditunda

Adapun poling dua media lainnya menghasilkan rata-rata 60 persen responden juga meminta Olimpiade ditunda dan hanya 20 persen

Pixabay
Ilustrasi olimpiade 

TRIBUN-BALI.COM- Mayoritas warga Jepang meminta Olimpiade Tokyo 2020 ditunda karena pandemi virus corona.

Demikian hasil poling yang dilakukan tiga media Jepang seperti dikutip dari situs Forbes.
Hasil poling yang disiarkan Kyodo News menyebut sebanyak 70 persen responden memilih Olimpiade Tokyo 2020 untuk ditunda.

Adapun poling dua media lainnya menghasilkan rata-rata 60 persen responden juga meminta Olimpiade ditunda dan hanya 20 persen yang setuju ajang empat tahunan itu digelar sesuai rencana.

Sejauh ini, belum ada kepastian apakah Olimpiade Tokyo 2020 tetap digelar sesuai rencana pada 24 Juli hingga 9 Agustus mendatang.

Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, dalam keterangan terakhir masih bersikeras tidak ingin menunda Olimpiade Tokyo 2020.

Terapkan WFH bagi Karyawan Hamil, Menteri Bintang Apresiasi Komitmen Mendagri

Ramalan Zodiak Besok Rabu, 18 Maret 2020: Gemini Waktunya Wujudkan Impian, Leo Bersantai

Alkohol 70% Langka Tak Usah Panik, Cukup Rajin Cuci Tangan dengan Sabun

"Kami saat ini sedang berusaha keras mengatasi penyebaran virus corona sehingga kami selaku tuan rumah Olimpiade bisa melaksanakan ajang tersebut tanpa masalah dan sesuai jadwal," ujar Shinzo Abe, Sabtu (14/3/2020), dikutip dari situs Forbes.

Pernyataan itu mendapat respons negatif dari berbagai kalangan, seperti atlet hingga komite Olimpiade banyak negara.

Mayoritas pendapat menyebut menggelar Olimipade Tokyo 2020 sesuai rencana akan sangat berbahaya karena akan mengumpulkan banyak orang dari atlet hingga wisatawan dari berbagai negara ke satu tempat.

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, sebelumnya sudah menyarankan Olimpiade Tokyo 2020 ditunda satu tahun karena pandemi virus corona.

Dikutip dari situs CBS News, Jepang sudah menghabiskan biaya persiapan Olimpiade Tokyo 2020 sebesar 12,6 sampai 25,2 miliar dollar AS.

Faktor biaya itulah yang dikabarkan menjadi alasan kuat Pemerintah Jepang bersikeras menggelar Olimpiade sesuai jadwal untuk mengindari kerugian materi.

Terbaru, pawai obor Olimpiade Tokyo 2020 di Jepang yang direncanakan akan berlangsung Kamis (26/3/2020) akan ditunda.

Sebelumnya, pawai obor di Yunani dihentikan di tengah jalan karena virus corona meski sudah dinyalakan pada 12 Maret lalu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Mayoritas Warga Jepang Minta Olimpiade Tokyo 2020 Ditunda

Editor: DionDBPutra
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved