Breaking News:

WIKI BALI

WIKI BALI - 6 Ogoh-Ogoh Ramah Lingkungan di Kota Denpasar Menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Caka 1942

STT di Denpasar menuangkan ide kreatif membuat ogoh-ogoh dengan bahan ramah lingkungan. Berikut 6 ogoh-ogoh berbahan ramah lingkungan di Kota Denpasar

Tribun Bali/I Putu Supartika
Ogoh-ogoh Sanghyang Penyalin Banjar Dangin Peken Sanur, Denpasar, Bali. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Noviana Windri Rahmawati

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Semakin ngetrennya ogoh-ogoh berbahan ramah lingkungan membuat para pemuda Seka Teruna Teruni (STT) di banjar-banjar Kota Denpasar berlomba-lomba membuat ogoh-ogoh ramah lingkungan dan menuangkan seluruh ide-ide kreatifnya.

Ada yang membuat dari kuaci, biji-bijian, kerupuk udang dan bahan ramah lingkungan lainnya untuk menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Caka 1942.

Berikut 6 ogoh-ogoh berbahan ramah lingkungan di Kota Denpasar.

1.   Pengadangadang

Ogoh-ogoh yang dipamerkan dalam Pameran dan Lomba Sketsa Ogoh-ogoh Caka 1942, Senin (16/3/2020)
Ogoh-ogoh yang dipamerkan dalam Pameran dan Lomba Sketsa Ogoh-ogoh Caka 1942, Senin (16/3/2020) (Tribun Bali/Rizal Fanany)

Ogoh-ogoh STT Tunas Muda, Banjar Dukuh Mertajati, Sidakarya yang diberi nama ‘Pengadangadang’ dengan bahan dasar pembuatan ogoh-ogoh ‘Garuda Pengadang’ dari kardus bekas, koran bekas, dan ulatan bambu.

Uniknya, ogoh-ogoh ‘Garuda Pengadang’ berlapis ribuan kuaci dan wijen di mana proses penggarapan ogoh-ogoh dimulai sejak 5 Januari 2020.

“Bahan-bahan untuk untuk ogoh-ogoh figuran dari kardus bekas untuk kerangka dasar. Sedangkan untuk ogoh-ogoh utamanya tetep pakai ulatan bambu."

"Ogoh-ogoh figurannya kami lapisi wijen. Sedangkan ogoh-ogoh utamanya kami lapisi kuaci,” jelas Ade Widiantara, Ketua STT Tunas Muda, Banjar Dukuh Mertajati, Sidakarya, Rabu (4/3/2020).

Anggaran untuk pembuatan ogoh-ogoh ‘Garuda Pengadang’ sebanyak Rp 40 juta.

Halaman
1234
Penulis: Noviana Windri
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved