12 Ton Alat Kesehatan yang Dibawa Pesawat C-130 Hercules TNI AU dari Tiongkok, Diangkut 2 Truk Besar

Muatan kemudian dipindahkan dari pesawat ke dua kendaraan truk berwarna hitam yang sudah stand by sebelum si elang besi milik TNI AU tersebut mendarat

12 Ton Alat Kesehatan yang Dibawa Pesawat C-130 Hercules TNI AU dari Tiongkok, Diangkut 2 Truk Besar
Tribunnews
Petugas yang menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) mulai menurunkan satu persatu muatan peralatan kesehatan untuk penanggulangan Covid-19 dari pesawat C-130 Hercules A-1333 milik TNI di Terminal Selatan, Bandara Halim Perdanakusuma pada Senin (23/3/2020) pagi. 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Sejumlah petugas terlihat sibuk menurunkan barang dari Pesawat angkut Hercules C-130 A-1333 milik TNI Angkatan Udara (AU) di Terminal Selatan, Bandara Halim Perdanakusuma, Senin (23/3/2020) pagi. 

Dari pantauan wartawan Tribunnews di lapangan, belasan petugas mengenakan baju hazmat bergotong royong menurunkan muatan dari pesawat C-130 Hercules. 

Muatan kemudian dipindahkan dari pesawat ke dua kendaraan truk berwarna hitam yang sudah stand by sebelum si elang besi milik TNI AU tersebut mendarat. 

Peralatan kesehatan itu dibungkus di dalam kardus berwarna coklat.

Sebelum dipindahkan ke truk, seluruh muatan pesawat Hercules A-1333 disemprotkan cairan disinfektan terlebih dahulu.

Kemudian setelahnya truk tersebut keluar dari landasan terminal selatan Bandara Halim Perdanakusuma.

Diberitakan sebelumnya, Pesawat Hercules C-130 yang berangkat Sabtu (21/3/2020) pagi dari Pangkalan TNI Angkatan Udara Abdulrachman Shaleh mendarat dengan aman di Bandara Pudong, Shanghai, Tiongkok pada Sabtu malam waktu setempat.

Peralatan kesehatan dari Tiongkok yang dibawa menggunakan pesawat C-130 Hercules milik TNI AU tersebut, merupakan hasil kerja sama G to G antara Pemerintah Republik Indonesia dengan Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok.

Keberangkatan pesawat C-130 tersebut, sesuai dengan permintaan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto kepada Panglima TNI untuk memberikan dukungan pesawat TNI dalam rangka mengambil alat-alat kesehatan untuk penanggulangan Virus Corona di Indonesia.

Adapun alat kesehatan tersebut terdiri dari disposable masks, N95 masks, protective clothing, goggles, gloves, shoe covers, infrared thermometer, dan surgical caps.

Total ada 12 ton alat kesehatan yang mereka bawa.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Peralatan Kesehatan yang Diangkut Pesawat Hercules dari Tiongkok Dibawa Dengan Truk Besar,

(Igman Ibrahim)

Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved