BI Mengimbau Masyarakat Gunakan Transaksi Non Tunai dan Transfer untuk Cegah Penyebaran Covid-19

Untuk cegah covid-19 menyebar, Gubernur BI mengimbau kepada masyarakat agar lebih memanfaatkan transaksi non tunai untuk pembayaran & transfer

BI Mengimbau Masyarakat Gunakan Transaksi Non Tunai dan Transfer untuk Cegah Penyebaran Covid-19
Tribun Manado
Foto Ilustrasi uang rupiah 

TRIBUN-BALI.COM - Virus corona atau covid-19 meresahkan banyak orang.

Penyebarannya yang begitu cepat, serta gejala yang terkadang tidak terlihat membuat sebagian masyarakat menjadi cemas.

Pemerintah Indonesia pun telah menerapkan beberapa kebijakan untuk mencegah virus tersebut tersebar.

Satu diantaranya adalah social distancing.

Lokasi Wisata Ditutup, Turis Asing di Daerah Ini Dipulangkan untuk Cegah Penyebaran Virus Corona

Kamu Bekerja dari Rumah ? Hindari 4 Hal Ini Agar Produktif

Viral Sekelompok Pemuda Arak Ogoh-Ogoh di Gatsu Denpasar,  Satpol PP Buka Suara

Virus corona atau covid-19 dapat bertahan pada beberapa benda seperti kertas maupun plastik.

Untuk mencegah virus tersebut menyebar, Gubernur Bank Indonesia ( BI) Perry Warjiyo mengimbau kepada masyarakat agar lebih memanfaatkan transaksi non tunai untuk pembayaran dan transfer.

"Kami juga mendorong masyarakat untuk lebih menggunakan non tunai dengan mempermudah SKNBI. Demikian juga mempermudah bekerja sama perbankan dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia," kata Perry melalui konferensi video, Jakarta, Selasa (24/3/2020).

Tak hanya itu, Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) dan perbankan juga memperpanjang berlakunya merchant discount rate (MDR) hingga September 2020.

"Dalam hal ini perbankan dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia juga menyepakati masa berlakunya MDR nol persen, yang semula dari Mei jadi September 2020," ucapnya.

Lebih lanjut, Perry memastikan ketersediaan uang kertas yang dialokasikan ke mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) perbankan selama wabah virus corona (Covid-19) tetap terpenuhi untuk masyarakat.

Sebab, BI telah memperhitungkan ketersediaan uang kertas tersebut dan telah menyalurkannya lebih dahulu ke seluruh perbankan di Indonesia.

"Di bidang sistem pembayaran, kami memastikan bahwa uang beredar atau uang kertas tersedia di ATM itu cukup. Kami sudah melakukan persediaan lebih dulu," ujarnya.

Selain itu, Perry juga menjamin kebersihan dari peredaran uang kertas yang ada di perbankan sebelum digunakan oleh masyarakat. Namun, Perry tidak merinci proses higienisnya uang tersebut hingga disalurkan. "Kami juga memastikan uang yang beredar itu higienis. Uang yang masuk ke dalam perbankan, kami containe untuk memitigasi penyebaran itu sehingga itu bisa digunakan untuk masyarakat," ujarnya.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ada Virus Corona, BI Imbau Masyarakat Gunakan Transaksi Non Tunai", https://money.kompas.com/read/2020/03/24/182659926/ada-virus-corona-bi-imbau-masyarakat-gunakan-transaksi-non-tunai.

Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved