Virus Corona

100 Awak Kapal Induk Theodore Roosevelt Positif Virus Corona, Kapten Minta Bantuan Darurat

Di surat bertanggal 30 Maret, dia menerangkan bahwa wabah virus corona di kapalnya "tengah berlangsung dan mengalami peningkatan".

Reuters/Al Arabiya
Kapal Induk USS Theodore Roosevelt saat dikirim ke Teluk Persia untuk mengawasi kemungkinan Iran mengirimkan senjata ke Yaman. 

TRIBUN-BALI.COM, WASHINGTON DC - Kapten kapal induk AS Theodore Roosevelt meminta bantuan setelah ratusan awaknya dilaporkan terinfeksi virus corona.

Saat ini, kapal kelas Nimitz itu tengah berlabuh di Guam, dengan Komandan Brett Crozier melayangkan permintaan bantuan darurat.

"Kami tidak sedang berada dalam perang. Para pelaut kami tak harus mati seperti ini," ujar Kapten Crozier dalam suratnya kepada Pentagon.

Dilansir BBC Selasa (31/3/2020), Kapten Crozier merekomendasikan agar mayoritas dari 4.000 awak kapal induk Theodore Roosevelt dikarantina.

Namun dalam suratnya, Crozier menerangkan dengan hampir kru tinggal di ruangan sempit, mengisolasi mereka yang sakit menjadi mustahil.

Di surat bertanggal 30 Maret, dia menerangkan bahwa wabah virus corona di kapalnya "tengah berlangsung dan mengalami peningkatan".

Dia mengatakan bahwa aksi cepat harus dilakukan, yakni mengeluarkan mayoritas awak dari kapal Theodore Roosevelt, dan mengarantina mereka selama dua pekan.

Tidak dijelaskan berapa banyak kru yang terpapar.

Berdasarkan pemberitaan San Francisco Chronicle, ada 100 awak kapal induk yang terinfeksi.

Kepada Reuters, juru bicara Angkatan Laut AS menyatakan mereka bergerak cepat untuk memastikan keselamatan dan kesehatan kru kapal.

Di Negeri "Uncle Sam", korban meninggal mencapai 4.055, dengan mereka yang terinfeksi wabah bernama Covid-19 ini mendekati 190.000 kasus.

Berdasarkan data yang dipaparkan Universitas John Hopkins, AS menjadi negara dengan angka infeksi tertinggi di dunia.

Negara Bagian New York menjadi wilayah yang paling parah terdampak, dengan Gubernur Andrew Cuomo memperingatkan puncaknya masih akan datang.

"Kita masih berjalan menuju puncak. Pertarungan sesungguhnya akan terjadi di puncak tersebut," kata Cuomo dalam konferensi pers. Rumah sakit darurat segera dibangun di Central Park dan wilayah lain di New York untuk membantu meringankan sistem kesehatan setempat. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "100 Awak Kapal Induk Theodore Roosevelt Terkena Virus Corona, Kaptennya Minta Bantuan"

Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved