Corona di Bali

Perkuat Pencegahan Covid-19, Pemprov Bali Lakukan Rapid Test di Bandara dan Pelabuhan Gilimanuk

Perkuat Pencegahan Covid-19, Pemprov Bali Lakukan Rapid Test di Bandara dan Pelabuhan Gilimanuk

Tribun Bali/M Ulul Azmy
Staf BBPOM Denpasar menunjukkan hasil uji rapid test sejumlah sampel bahan makanan usai sidak mamin di Pasar Kreneng, Senin (21/5/2018). 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali melalui Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) melakukan rapid test di pintu keluar masuknya Pulau Dewata. Rapid test tersebut kini sudah dilakukan di Bandar Udara (Bandara) Internasional I Gusti Ngurah Rai dan Pelabuhan Gilimanuk, Kabupaten Jembrana.

"Mulai kemarin sore Satgas juga melakukan tindakan yang lebih ketat lagi dalam menjaga pintu masuk Bali," kata Ketua Satgas Penanggulangan Covid-19 Provinsi Bali Dewa Made Indra dalam siaran persnya melalui teleconference, Kamis (2/4/2020) sore.

Dijelaskan olehnya, rapid test yang pihaknya lakukan di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai diberikan kepada para Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang pulang ke Bali. Dirinya mengaku, seluruh PMI yang pulang dilakukan rapid tesr. "Dari negara manapun berasal, sudah membawa health certificate atau belum, semuanya kita lakukan rapid tes atau kita lakukan pemeriksaan," tuturnya.

"Semuanya untuk memastikan yang masuk melalui pintu Bandara Ngurah Rai adalah kawan-kawan kita, saudara-saudara kita, adik-adik kita yang semuanya dalam keadaan sehat," kata Dewa Indra yang juga sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bali itu

Sementara di Pelabuhan Gilimanuk, pihaknya juga mengaku melakukan rapid test. Rapid test disana pihaknya utamakan kepada mereka yang pulang ke Bali dari daerah-daerah yang terjangkit. "Itu sudah diterapkan dan tadi saya monitor juga terus dilanjutkan," kata mantan Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bali itu. "Ini juga bagian dari upaya memperkuat upaya-upaya pencegahan terhadap potensi risiko yang datangnya dari luar," pungkasnya. (*)

Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Aloisius H Manggol
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved