Sponsored Content

Badung Siap Sukseskan Grand Strategi Nasional Penanggulangan Covid-19

Bupati Badung Ikuti Rapat dengan Kemendagri, Badung Siap Sukseskan Grand Strategi Nasional Penanggulangan Covid-19  

Tribun Bali/I Komang Agus Aryanta
Bupati Giri Prasta mengikuti rapat terbatas melalui Teleconference yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri dari RJ Bupati Puspem Badung, Selasa (7/4/2020). 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Persoalan Covid-19 masih menjadi perhatian utama Pemerintah Indonesia.

Covid-19 menyerang hampir seluruh negara di dunia.

Pemerintah terus melakukan upaya pencegahan penyebaran virus tersebut di tanah air.

Berkaitan dengan hal itu, Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta dan Wakil Bupati, I Ketut Suiasa mengikuti rapat terbatas melalui Teleconference yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri bersama Kementerian terkait seperti Menperin, Kepala BKPM, Mentan, Menteri Perdagangan, Menteri Kelautan, Menaker, Menteri BUMN serta Apindo dan Kadin dari Rumah Jabatan Bupati dan Wakil Bupati Badung, Selasa (7/4/2020).

Program Bedah Rumah Tetap Terealisasi Tahun Ini, Tahap Pertama Bedah 48 Unit Rumah

Grafik Pasien Positif Virus Corona di Indonesia Kian Mencemaskan, Hari ini Tercatat 2.738 Pasien

Pemerintah New York Makamkan Jasad Korban Covid-19 di Taman karena Kamar Mayat Penuh

Rapat terbatas yang juga diikuti oleh Sekda Provinsi dan Bupati/Walikota se-Indonesia ini, membahas tentang strategi optimalisasi industri di bidang kesehatan dan di bidang kebutuhan dasar masyarakat termasuk ketahanan pangan.

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian mengatakan, berbagai upaya telah dilakukan guna mencegah penyebaran Covid-19, diantaranya kebijakan mengeluarkan PP Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Keputusan Presiden Nomor 11 Tahun 2020 yang mengatur tentang Status Kedaruratan Kesehatan Masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Sejalan dengan kebijakan itu, jajaran Kemendagri juga telah melakukan sejumlah langkah untuk mengoptimalkan penanganan Covid-19 di daerah dengan mencetuskan Grand Strategi Nasional Hadapi Covid-19.

“Persoalan Covid-19, sudah menyebar ke hampir semua wilayah dan berimbas ke berbagai sendi kehidupan sosial dan ekonomi kita. Pandemik Covid-19 sudah menjadi masalah nasional, yang harus ditangani secara komprehensif dan terpadu. Kita membutuhkan Grand Strategi Nasional untuk menghadapinya," tegas Tito. 

Dijelaskannya, terdapat empat pilar strategi yang satu sama lain saling berhubungan dan merupakan satu kesatuan dari Grand Strategi Nasional. Pertama adalah strategi pencegahan penularan Covid-19 itu sendiri.

Kedua, menyangkut peningkatan sistem ketahanan tubuh, baik di tingkat indvidual maupun di tingkat komunitas masyarakat untuk menghadapi Virus Corona. 

Halaman
123
Penulis: I Komang Agus Aryanta
Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved