PDIP Berdayakan Warga Korban PHK Produksi Masker

Masker tersebut akan dibagikan ke masyarakat Bali. Dari ratusan yang diberdayakan, ternyata mereka mampu menghasilkan ribuan masker setiap hari

Tribun Bali/Ragil Armando
Ketua Fraksi PDIP DPRD Bali, Dewa Made Mahayadnya alias Dewa Jack (kemeja merah paling kanan) dan beberapa anggota Fraksi PDIP DPRD Bali menunjukkan masker kain hasil karya masyarakat di Kantor DPD PDIP Bali 

DENPASAR, TRIBUN-BALI, COM - PDIP Bali melalui Satgas Gotong Royong memberdayakan warga khususnya yang kena PHK agar membuat masker kain. Masker tersebut nantinya akan dibagikan ke masyarakat Bali. Dari ratusan yang diberdayakan, ternyata mereka mampu menghasilkan ribuan masker setiap hari.

"Kami berdayakan masyarakat utamanya yang terdampak kerjaannya dari pariwisata, dan punya keahlian menjahit, kami order ke mereka buat masker dan bisa hasilkan ribuan per hari," kata Ketua Fraksi PDIP DPRD Bali, Dewa Made Mahayadnya alias Dewa Jack, Selasa (7/4/2020).

Kata dia, masker tersebut akan dibagikan dalam beberapa tahap. Untuk tahap pertama, pihaknya menargetkan membagikan sebanyak 10.000 lembar. "Untuk masker tahap pertama ditargetkan sepuluh ribu lembar," ujarnya.

Selain pembuatan masker dengan berbasis pemberdayaan masyarakat, pihaknya juga bekerja sama dengan lembaga-lembaga yang berkompeten terkait dengan pengadaan desinfektan, hand sanitizer, dan masker.

“Kami berencana gandeng UNHI untuk membuat obat herbal untuk meningkatkan daya tahan tubuh. UNHI melalui Usadha Bali. Terakhir, kalau kondisi saat ini masih berkepanjangan, arahnya pembagian sembako ke masyarakat terdampak. Intinya semua kader gotong royong,” tandasnya.

Ia menjelaskan ada banyak tugas satgas yang nanti akan dilakukan Tim Gotong Royong yang baru dibentuk ini. Tim ini akan digerakkan Fraksi PDIP DPRD Bali. Tugasnya, semua kader diminta gencar mengkampanyekan terkait Covid-19 dan pencegahannya.

“Begitu juga soal arahan untuk melakukan physical distancing, perilaku hidup bersih dan sehat, menjaga asupan gizi untuk menunjang imunitas. Kemudian, kader diminta untuk selalu berusaha membantu masyarakat dengan tetap mengikuti arahan pemerintah dalam mencegah penyebaran virus ini,” papar dia.

Penulis: Ragil Armando
Editor: I Putu Darmendra
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved