Cegah Antrean, Pelayanan Tingkat Desa dan Lurah di Denpasar Pakai Aplikasi e-Sewaka

Diskominfo Denpasar menyiapkan aplikasi e-sewaka dharma mobile di tingkat desa maupun kelurahan

Diskominfo Denpasar
Penggunaan aplikasi e-Sewaka. Cegah Antrean, Pelayanan Tingkat Desa dan Lurah di Denpasar Pakai Aplikasi e-Sewaka 

Laporan Wartawan Tribun Bali, I Putu Supartika

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Untuk memfasilitasi warga yang membutuhkan surat-surat dari perbekel atau lurah, Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Denpasar menyiapkan aplikasi e-sewaka dharma mobile di tingkat desa maupun kelurahan. 

"E-sewaka dharma mobile adalah aplikasi pengurusan surat menyurat tingkat desa/lurah untuk mempermudah masyarakat, tidak usah keluar rumah jika ingin mengurus surat-surat yang diperlukan dari kantor desa/kelurahan," kata Kadis Kominfo Statistik Kota Denpasar I Dewa Made Agung, Rabu (7/4/2020).

Untuk mendapatkan layanan ini, masyarakat bisa mengunduh aplikasi secara cuma-cuma di playstore dengan mencari e-sewaka dharma. 

Masyarakat yang memerlukan surat-surat yang dikeluarkan perbekel/lurah, tinggal mengirim foto berkas via aplikasi ke kepala dusun/kepala lingkungan.

Setelah lengkap, kadus kaling meneruskan dengan diberi pengantar ke perbekel/lurah.

"Perbekel atau lurah bisa langsung menandatangani berkas-berkas via Hp-nya, jika desa atau kelurahannya sudah terintegrasi dengan Identik (sistem informasi dengan tanda tangan elektronik)," katanya.

Bagi yang belum teritegrasi dengan Identik, perbekel/lurah menandatangani berkas secara manual.

Semua tahap ini bisa dilakukan dari mana saja, termasuk dari rumah, baik oleh warga, petugas maupun perbekel atau lurah.

Pihaknya menganjurkan masyarakat menggunakan aplikasi e-sewaka dharma mobile dalam pengurusan surat-surat yang dibutuhkan warga melalui kantor desa/kelurahan.

Halaman
12
Penulis: Putu Supartika
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved