Barong Bali Jadi Gambar Filateli Peringatan 70 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia - Tiongkok

Penerbitan dilakukan atas kerjasama Kementrian Luar Negeri Republik Indonesia, KBRI Beijing, Pos Indonesia, Kedutaan Besar RRT di Jakarta

Istimewa/ Kantor Filateli Jakarta
Penampakan Filateli peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia - Republik Rakyat Tiongkok 

Laporan wartawan Tribun Bali, Adrian Amurwonegoro

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Barong Bali menjadi salah satu kekayaan budaya dan pariwisata yang menjadi Filateli peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia - Republik Rakyat Tiongkok (RRT) pada tanggal 13 April 2020.

Pada momentum 70 Tahun hubungan Diplomatik Indonesia-RRT diluncurkan benda Filateli secara daring berupa Sampul Peringatan dan Perangko seri "70 tahun Diplomatik Indonesia-RRT".

Penerbitan dilakukan atas kerjasama Kementrian Luar Negeri Republik Indonesia, KBRI Beijing, Pos Indonesia, Kedutaan Besar RRT di Jakarta dan China Post.

Sonang Sarah Purba Kepala Kantor Filateli Jakarta PT Pos Indonesia menjelaskan, sampul Peringatan dan Prangko memuat logo peringatan 70 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-RRT yaitu Panda dan Garuda Emas.

Saat Semua Negara Sibuk Melawan Pandemi Covid-19, Korea Utara Luncurkan Rudal Jelajah Jarak Pendek

PDAM Badung Sebut Pembayaran Air Digratiskan Untuk Pemakaian 0-10 M3 per Bulan

Puluhan Ekor Babi di Abang Karangasem Mati Setelah Muncul Bintik Merah, Penyebab Belum Diketahui

"Selain itu ditampilkan kekayaan budaya dan pariwisata dari kedua negara antara lain Barong Bali, Barong Sai, Candi Borobudur, Tembok Raksasa, Raja Ampat di Papua Barat dan Sungai Li di Guilin," terang Sonang dalam rilis yang diterima Tribun Bali, Selasa (14/3/2020).

Menurutnya, Burung Garuda memiliki makna yang kuat dan jaya atau gagah perkasa, Panda sebagai simbol simbol filosofis kedamaian.

Sedangkan Barong Bali dan Barong Sai menunjukan kekayaan dan peradaban dan kedekatan budaya antara Indonesia dan Tiongkok.

Sejak resmi terjalin pada 13 April 1950 Indonesia dan Tiongkok berkomitmen untuk membangun hubungan dan persahabatan.

Penggabungan dari filosofi ini menggambarkan persahabatan Indonesia dan RRT yang erat akan membawa kekuatan dan kejayaan bagi bangsa dan rakyat kedua negara, serta memberi kemakmuran dan perdamaian.

"Dalam situasi pandemi Covid -19 ini Peluncuran Benda Filateli ini Diluncurkan secara daring pada tanggal 13 April 2020 dan dicetak PT Pos Indonesia sejumlah 3000 Sampul Peringatan, 3000 eksemplar Prangko Prisma berlatar belakang Indonesia dan RRT , 3000 Kemasan Filateli dan dapat di pesan melalui online Kantor Filateli Jakarta atau Kantor Pos Bandung," jelas dia.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Perkumpulan Filatelis Indonesia, Gita Noviandi menyambut gembira penerbitan Benda Filateli 70 tahun Hubungan Diplomatik Indonesia dan RRT saat pandemi Covid-19 ini.

"Kita harus mendukung program pemerintah menekan wabah Covid-19 untuk saat ini kita dirumah saja dan bekerja dari rumah. Untuk para pecinta Prangko bisa membeli Benda Filateli melalui online dan bisa menyusun kembali koleksi Filatelinya di rumah saja," beber dia. (*)

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved