Pasca Ada Warga Positif Virus Corona, Sejumlah Fast Boat Menuju Nusa Penida Berhenti Beroperasi

Penutupan ini dilakukan pihak pengusaha transportasi, untuk mengantisipasi penularan covid-19 yang semakin meluas di wilayah Kusamba.

Tribun Bali / Eka Mita Suputra
Sejumlah jasa transportasi boat cepat (fast boat) yang melayani penyebrangan penumpang dari Pelabuhan Kusamba menuju Nusa Penida dan sebaliknya, mulai tidak beroperasi, Rabu (15/4/2020) 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Sejumlah jasa transportasi kapal cepat (fast boat) yang melayani penyebrangan penumpang dari Desa Kusamba menuju Nusa Penida dan sebaliknya, mulai tidak beroperasi.

Penutupan ini dilakukan pihak pengusaha transportasi, untuk mengantisipasi penularan covid-19 yang  semakin meluas di wilayah Kusamba.

Seorang pengusaha fast boat yang berpusat di Pelabuhan Tri Bhuana Kusamba, I Made Sinta menjelaskan, pihaknya mulai menutup operasionalnya, Kamis (16/5/2020), hingga tanggal 1 Mei mendatang.

Hal ini karena pihaknya telah menerima informasi, ada seorang warga di Desa Kusamba yang terkonfirmasi positif covid-19.

"Kan sudah dirilis ada satu warga di Kusamba yang terkonfirmasi positif covid-19. Tidak menutup kemungkinan, pasien ini menyebarkan ke keluarganya dan melakukan kontak dengan orang-orang di pelabuhan," ungkap Made Sinta, Rabu (15/5/2020).

Menurutnya, upaya penutupan ini merupakan inisiatifnya untuk mengantisipasi sedini mungkin penularan covid-19, sekaligus memutus rantai penyebarannya di Klungkung.

"Bahkan karyawan saya yang kerap beraktivitas di pelabuhan, saya arahkan untuk isolasi mandiri selama 15 hari kedepan," ungkap pemilik boat cepat Gangga Ekpress tersebut.

Selama ini ia juga sudah mengikuti prosedur, dengan rutin menyemprotkan alkohol dan desinfektan di pelabuhan dan sejumlah aramada milik Gangga Ekpress.

Serta melakukan screening ketat ke setiap penumpang yang akan menyebrang ke Nusa Penida dan sebaliknya.

Sementara pengusaha fast boat lainnya, I Wayan Gitawan menjelaskan, pihaknya mulai tidak melayani penyebrangan, Rabu (15/4/2020).

Halaman
12
Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Eviera Paramita Sandi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved